Sukses

Studi Menunjukkan, Tersenyum Mampu Bikin Wajah Tampak Awet Muda

Ternyata selalu tersenyum dan bahagia bisa bikin wajah tampak terlihat lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan penampilan yang terlihat lebih muda, kebanyakan orang melakukan berbagai perawatan serta mengubah penampilan sehari-hari. Padahal ada langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat wajah Anda tampak lebih muda dan awet muda.

Dilansir dari laman WebMD, Senin (4/9/2017) sebuah studi baru menunjukkan bahwa ketika orang melihat foto-foto berwajah tersenyum, mereka mungkin akan menebak-nebak usia dari orang di foto tersebut lebih muda dibandingkan ketika foto orang dengan ekspresi diam atau marah.

Para peneliti di Psychology and Aging mengatakan ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki dampak besar pada akurasi dan bias perkiraan usia seseorang. Maka tak heran jika kita selalu mendengar istilah, "sering marah, nanti cepat tua".

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tersenyum bisa buat wajah tampak lebih muda

"Meskipun perkiraan usia sering dapat didasari pada beberapa isyarat, ada banyak situasi di mana gambaran wajah seseorang adalah satu-satunya informasi yang tersedia," kata peneliti Manuel C. Voelkle dari Max Planck Institute for Human Development beserta rekannya di Berlin.

"Secara khusus, dengan menjamurnya jaringan pribadi atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya, telah menjadi sebuah hal yang umum seseorang berbagi foto, meskipun seringkali tanpa tambahan informasi tambahan berapa usianya," tulis Manuel dan tim.

Namun, para peneliti ini juga mengatakan bahwa foto seseorang sedang tersenyum dan tertawa bahagia juga bisa menciptakan garis kerutan di sekitar mata dan mulut. Sehingga cukup sulit membedakan apakah seseorang dalam foto tersebut benar-benar memiliki kerutan atau tidak. Tapi tetap saja, senyuman telah terbukti membuat seseorang terlihat lebih menarik dan membuat mereka tampak awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.