Sukses

Banyak Jodoh dengan Bule, Wanita Thailand Harus Les Bahasa

Tingginya tingkat pernikahan antar ras dengan wanita Thailand, membuat pemerintah mengadakan pelajaran khusus bahasa.

Liputan6.com, Jakarta Wanita dari Thailand dikenal sebagai pasangan yang diincar sebagai jodoh oleh bule dari barat. Ternyata banyak wanita yang terlibat cinta dengan bule ini, tidak mengerti berkomunikasi dengan bahasa inggris yang baik. Untuk itu, Thailand memberikan les bahasa khusus bagi para wanita, seperti yang dilansir dari reuters.com, Kamis (31/8/2017).

“Pendidikan ini akan mengajarkan wanita bagaimana menjaga dirinya, mengenalkan hukum dari negara tujuan, dan bagaimana mempersiapkan diri sebelum berangkat,” ujar Patcharee Arayakul, Senior Ministry Official di Kementerian Pengembangan Sosial Thailand.

Pendidikan yang mencakup bahasa dan pengembangan diri ini diharapkan mampu untuk mencegah penipuan dan perdagangan manusia. Sehingga mereka mampu mengenal dan menghadapi perbedaan budaya, yang akan terjadi dalam pernikahan antar ras. Nantinya wanita Thailand siap untuk berumah tangga dengan budaya yang jauh berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi meningkat

Ternyata pendidikan ini dianggap sangat membantu bagi wanita yang mengikutinya. Menolak untuk disebutkan namanya, wanita Thailand ini mengungkapkan, ia tertarik pada aspek hukum, dibandingkan dengan perbedaan yang terjadi dalam pernikahan antar ras.

Masyarakat Thailand kini lebih menerima pernikahan antar ras, bahkan memandang cara ini baik untuk meningkatkan status ekonomi mereka. Meski tidak ada data resmi, pemerintah mengungkapkan, ada 15 ribu wanita dari daerah miskin Isan yang menikah dengan orang asing. Bahkan setiap bulannya, mereka mampu mengirimkan 122 juta baht atau sekitar Rp 49 miliar ke keluarga di kampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.