Sukses

Tips dari Petualang Berpengalaman untuk Anda yang Suka Traveling

Liputan6.com, Jakarta Bisa melihat aneka kehidupan di berbagai belahan dunia kelihatannya menyenangkan. Anda akan memiliki pengalaman hidup yang kaya dengan merasakan secara langsung kondisi alam, seni, budaya, karakter masyarakat, aturan adat, cara berpakaian dan makanan khas yang tentu berbeda dari setiap tempat yang Anda datangi.

Apakah menjelajahi berbagai tempat di dunia ini begitu mudahnya? Belum tentu. Anda perlu mengambil pelajaran dari para petualang berpengalaman agar Anda siap menghadapi segala sesuatunya saat Anda melakukan perjalanan traveling.

Matthew Karsten adalah seorang petualang yang telah menjelajahi banyak tempat di berbagai penjuru dunia selama 6 tahun lebih. Dimulai dengan keinginan kuat traveling dan menjual seluruh aset yang dimilikinya, Matthew memulai perjalanannya dari Miami ke Guatemala. Ini adalah tempat yang sama sekali belum dikenal oleh Matthew sebelumnya. Dari sana ada banyak perjalanan lain yang dilaluinya. Dalam halaman expertvagabond, Matthew berbagi tips untuk Anda yang akan ber-traveling. Apa saja? 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 4 halaman

Kesabaran itu Penting

Jangan mudah kesal melihat segala sesuatunya tidak teratur dan berantakan. Barang – barang yang belum dikemas, tiket kendaraan yang lupa diletakkan, bingung mencari letak ATM sementara uang di kantong sudah menipis dan masih banyak hal yang bisa membuat kesal kapan saja. Namun hidup tidak akan menyenangkan jika diwarnai dengan marah dan kesal. Selalu ada jalan lain untuk setiap kebuntuan yang Anda alami. Sabar dan berpikir tenang akan membantu untuk mengambil pilihan yang tepat untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi. Tidak semua perjalanan berjalan sesuai rencana. Kadang Anda akan menemui hal yang menakutkan dalam perjalanan, di sinilah kesabaran dan ketenangan diperlukan.
Bangun Lebih Awal

Niat traveling mungkin untuk menikmati hidup yang lebih santai. Tapi bangun kesiangan justru akan membuang banyak peluang baik dan hal-hal menarik yang justru hanya bisa Anda dapatkan di awal pagi. Keberuntungan bangun di awal pagi Anda bisa bertemu dengan orang-orang jujur, pekerja keras dan murah senyum. Ketakutan para traveler adalah para calo, pencuri dan penjahat dan justru di pagi hari mereka tidur.

2 dari 4 halaman

Bergabung dengan Masyarakat Lokal


Anda mungkin terbiasa dengan kehidupan traveling termasuk bertemu dengan para wisatawan di tempat pariwisata, tapi ini sudah biasa. Anda bisa memilih untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan masyarakat di tempat yang Anda kunjungi. Tempat pariwisata sudah diatur sedemikian rupa sehingga sangat umum untuk para turis. Jika Anda ingin tahu bagaimana kehidupan masyarakat asli, Anda bisa mulai masuk ke perkampungan, memulai percakapan dengan senyum. Bahasa inggris adalah bahasa umum yang digunakan oleh masyarakat internasional, namun jika mereka tidak mengerti Anda bisa menggunakan bahasa isyarat untuk mulai berkomunikasi. Belajar banyak hal dari masyarakat lokal akan memperkaya pengalaman Anda dibandingkan hanya melihat – lihat pemandangan saja.

3 dari 4 halaman

Abadikan dengan foto


Ada banyak hal yang bisa Anda rekam selama perjalanan Anda. Anda bisa mengambil foto pemandangan, kehidupan masyarakat, bentuk – bentuk bangunan yang khas, makanan, penduduk lokal yang Anda temui. Jangan khawatir terlalu sering menggunakan kamera akan terlihat seperti turis, Anda toh belum tentu berkali-kali bertemu hal keren selama perjalanan. Ambil foto sebanyak-banyaknya. Ada banyak momen berharga yang bisa diabadikan lewat foto. Foto adalah souvenir utama sebagai oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Bukankah tidak setiap benda menarik yang ditemui bisa Anda bawa selama perjalalanan.

Itu beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama traveling. Semoga membantu untuk Anda melakukan perjalanan. Jangan lupa berbagi pengalaman sepulang perjalanan nanti.

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
5 Tips Wawancara Kerja bagi Anda yang Introvert