Sukses

5 Hal Menakutkan yang Terjadi, Bila Anda Tidak Sarapan

Tidak sarapan atau makan siang, akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda. Termasuk yang menakutkan sekalipun, berikut akibatnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum melakukan berbagai macam aktivitas di pagi hari, sebaiknya tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan seluruh aktivitas. Untuk itu, makan pagi atau sarapan sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Namun, kebanyakan orang mengabaikan sarapan dan mengganti dengan porsi makan siang yang besar. Telat ataupun melewatkan sarapan dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Berikut 6 hal menakutkan yang terjadi pada tubuh bila Anda tidak sarapan, dilansir dari Seventeen.com, Kamis (31/8/2017).

1. Otak tidak berfungsi optimal
Orang yang sering menyantap makan malam dengan porsi besar dan banyak, cenderung memutuskan untuk melewatkan sarapan dan makan siang. Mereka berpikir dengan melewatkan sarapan, perut mereka masih terisi dengan makanan yang disantap semalam. Namun, hal ini ternyata salah besar. Hal yang akan terjadi adalah gula darah Anda mengalami penumpukan, dan berdampak pada kemampuan Anda dalam berpikir. Resiko menakutkan yang dapat terjadi dengan otak Anda, adalah kondisi dimana otak tidak dapat bekerja dengan baik.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Emosi yang tak terkendali


Apakah Anda merasa mudah marah atau sensitif bila Anda melewatkan sarapan Anda? Hal ini memang dapat mempengaruh tingkat emosi Anda. Sama seperti fokus dalam melakukan aktivitas, mood Anda akan menurun seiring dengan gula darah Anda. Hal ini membuat Anda semakin parah, bila Anda tetap menunda sarapan ataupun makan siang. Untuk itu, jangan sampai emosi Anda meledak-ledak hanya karena melewatkan waktu makan Anda.

3. Makan yang berlebihan
Banyak yang beranggapan bahwa dengan melewatkan sarapan atau makan siang, akan membuat tubuh Anda lebih kurus. Kenyataannya adalah Anda akan merasakan lapar yang luar biasa, dan mengkonsumi makanan dengan porsi yang besar. Tubuh biasanya akan memberikan kode lapar, dan seharusnya Anda langsung mengisi perut dengan makanan. Namun, kebiasaan menunda makan akan membuat perut semakin berontak.

3 dari 3 halaman

4. Berat badan semakin bertambah


Bertolak belakang dengan apa yang Anda pikirkan, bukan? Melewatkan waktu makan bukannya menurunkan berat badan, malah akan berujung peningkatan berat badan yang drastis. Hal ini dikarenakan Anda selalu makan di waktu yang tidak tepat, dengan jumlah porsi makan yang berlebihan. Apalagi Anda sibuk dengan urusan pekerjaan , dan mengabaikan waktu olahraga.

5. Perut kembung
Tidak memungkinkan hal ini akan terjadi pada tubuh Anda. Perut yang kosong, cenderung terisi dengan angin dan berujung pada perut kembung dan rasa begah. Bukan hanya itu saja, melewatkan sarapan justru akan menimbulkan rasa sakit pada perut yang kosong dan mempengaruhi kerja usus.

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.