Sukses

5 Hal Sederhana yang Jadi Ribet Saat Sedang Panik

Jika seseorang mengalami kecemasan, mereka cenderung sulit melakukan sebagian hal yang sebenarnya mudah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang yang memiliki gejala kecemasan atau panik yang berlebihan, membuat banyak hal dalam hidupnya menjadi lebih sulit untuk dijalani. Walaupun hal yang tampaknya sangat sederhana, namun akan sulit dilakukan bila panik terjadi. Banyak hal yang menyebabkan orang mengalami gejala ini, salah satunya seperti panik disaat mengalami masalah dan terterkan dengan kondisinya. Berikut hal sederhana yang akan sulit dilakukan, bila sedang menglami kecemasan atau panik, dilansir dari Bustle.com, Rabu (30/8/2017).

1. Makan
Jika Anda memiliki gelaja panik yang berlebihan, nafsu makan Anda mungkin akan terpengaruh. Untuk sebagian orang, makan akan terasa seperti mengerjakan tugas. Hal ini dikarenakan kegelisahan memicu pelepasan hormon tertentu di otak, dan beberapa dari itu berpengaruh pada nafsu makan. Makanan yang ingin disantap cenderung, terlihat tidak menarik dan saat dikunyah akan terasa tidak enak, hal ini dibenarkan oleh Kimbre Zahn, ahli gizi di Indiana.

2. Bernafas
Pada umumnya, bernafas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini menjadi sangat sulit, ketika seseorang mengalami panik. Tidak jarang, orang yang mengalami panik berelbihan, akan bernafas secara cepat dan pendek. Adapun mereka sering menahan nafas mereka, tanpa mereka menyadari hal tersebut.

3. Mandi

Bagi beberapa orang yang sedang panik, mereka akan menghindari mandi ataupun akan memakan waktu yang lama untuk melakukan hal mudah ini. Karena mandi mengharuskan Anda untuk telanjang, dan hal ini dapat membuat kecemasan Anda semakin tinggi. Namun, pada saat yang sama, setelah Anda mandi akan merasakan pelepasan dari panik. Air hangat, dapat membantu pelepasan melatonin secara alami, yaitu hormon yang dapat mengendalikan emosi Anda.

4. Memadupadankan Pakaian
Disaat Anda sedang panik, Anda akan merasa ragu dan bimbang dalam melakukan hal apapun. Khususnya dalam memutuskan pilihan, apalagi Anda harus memilih pakaian apa yang ingin dikenakan. Memilih pakaian disaat mengalami panik, tampaknya menjadi dilema yang sangat besar. Mereka cenderung tidak percaya diri, dan tidak puas dengan penampilan yang mereka kenakan.

5.Tidur
Waktu tidur Anda pastinya akan terganggu bila panik sedang melanda. Banyak pikiran yang akan bermunculan dan stress, memikirkan bagaimana Anda dapat menyelesaikan sebuah masalah tersebut. Untuk itu, orang yang panik biasanya akan mengalami sulit tidur dan berujung begadang semalaman.

Simak juga video menarik berikut ini:

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.