Sukses

3 Bahaya Konsumsi Gula terhadap Kulit Anda

Berikut tiga bahaya konsumsi gula untuk kulit yang belum diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Gula merupakan sebuah bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Menjadi hal yang sulit untuk memisahkan hidup dari gula. Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gula, seperti kue, donat, es krim, cokelat, jus, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda gula ternyata memberikan dampak kurang baik untuk kulit.

Seperti yang dilansir dari situs Allwomanstalk, Rabu (30/8/2017), konsumsi gula yang berlebih dapat merusak kulit Anda. Berikut efek yang terjadi pada kulit karena pengaruh konsumsi gula.

1. Kulit Dehidrasi

Gula mengisap hampir seluruh air dari sel-sel kulit sehingga lapisan kulit terluar Anda terlihat kering. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit keriput dan kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi gula dalam kadar yang tinggi, usahakan untuk minum air lebih banyak setiap harinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merusak kulit

2. Merusak Kulit

Gula dapat merusak kolagen yang berada di bawah kulit. Kolagen merupakan zat dalam tubuh yang membuat kulit kencang. Dengan konsumsi gula berlebih dapat melemahkan fungsi kolagen sehingga membuat kulit kehilangan elastisitas lebih dini.

3 dari 3 halaman

Peradangan kulit

3. Peradangan kulit

Konsumsi gula yang berlebih juga dapat membuat kolagen di bawah kulit menjadi kaku. Gula akhirnya menempel pada kolagen yang membuat fungsinya tidak berjalan dengan baik. Ketika kehilangan elastisitas, kulit akan terlihat kendur dan muncul jerawat serta muncul tanda penuaan dini yang mengakibatkan peradangan kulit atau ruam.

Menghentikan konsumsi gula dalam keseharian Anda mungkin menjadi hal yang mustahil. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan kebiasaan teratur yang bisa dimulai dengan minum air yang cukup dan konsumsi vitamin C dan E serta antioksidan yang dapat menjaga kulit lembut, halus, dan kenyal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.