Sukses

5 Cara Tepat untuk Atasi Emosi Anda

Banyak hal yang dapat membuat Anda cepat emosi, untuk itu atasi dengan beberapa tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta Emosi adalah salah satu cara orang mengekspresikan hal yang mereka tidak senangi. Banyak hal kecil yang dapat membuat orang mudah emosi, misalnya macet di jalan atau pun tugas kantor yang tak kunjung selesai. Namun, tidak semua hal harus disampaikan dengan emosi.

Kemampuan orang dalam mengatasi kemarahan pun berbeda-beda, tergantung bagaimana dulu orangtua mendidik kita. Bila Anda sulit untuk mengatasi emosi, coba simak lima cara mengatasinya seperti yang dilansir dari Yourtango.com, Minggu (27/8/2017) berikut ini.

1. Tulis Apa yang Membuatmu Emosi
Bila Anda selalu merasa emosi dan gampang marah dengan banyak hal. Cobalah luangkan beberapa waktu dan berpikir apa hal terakhir yang membuat Anda sangat kesal. Sehingga mengetahui hal apa saja yang membuat Anda emosi dan menjadi solusi dari kemarahan Anda.

2. Menjauhi Orang yang Membuat Anda Emosi
Bila Anda sedang mengerjakan tugas kelompok dan mengalami beberapa perbedaan pendapat, jangan buru-buru meluapkan emosi dan mengacaukan segala hal. Atasi dengan mengubah topik pembicaraan atau mengakhiri obrolan dengan menyetujui perkataannya. Bila hal ini masih tidak bekerja pada Anda, solusi terakhir adalah menjauhi orang yang membuat Anda emosi.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

3. Menenangkan Diri Sendiri

Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam dan pejamkan mata ketika emosi sedang meluap-luap. Usahakan untuk menenangkan diri walaupun sulit untuk dilakukan, atau alihkan pikiran Anda ke hal yang lain dan tetap tenang.

4. Cerita Kepada Teman Anda
Hal yang paling melegakan adalah menceritakan hal yang menjadi unek-unek Anda. Memendam segala hal sendirian tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah. Untuk itu, bagi cerita Anda dengan orang yang dapat dipercaya. Bercerita kepada orang yang tepat akan membantu Anda memberikan solusi yang tepat pula.

5. Instropeksi Diri
Dari sekian banyak hal yang membuat Anda mudah emosi bisa jadi sebagian emosi muncul dari diri Anda sendiri. Hindari untuk menyalahkan orang lain, biasakan untuk tanya kepada diri sendiri apa yang membuat Anda emosi. Luangkan waktu untuk menginstropeksi diri dan minta maaf bila terlanjur menyalahkan teman Anda.

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.