Sukses

8 Tips Terhindar dari Overpacking Saat Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Setelah selesai mengurus paspor atau visa, membuat itinerary , dan reservasi penginapan, hal yang harus dilakukan selanjutnya saat mengurus perjalanan traveling ke luar negeri adalah mengemas barang ke koper. Walaupun terdengar sederhana, proses packing ini harus diperhatikan baik-baik lho. 

Beberapa trik dapat Anda lakukan untuk menghindari overpacking. Repot juga kan kalau Anda menenteng banyak bawaan ketika bepergian. Belum lagi kalau Anda ternyata harus membayar biaya kelebihan bagasi yang lumayan mahal. Tak mau kan mengeluarkan kocek berlebih hanya karena hal tersebut?

Oleh sebab itu, yuk ikuti trik berikut agar terhindar dari overpacking saat liburan ke luar negeri.

1. Buat Daftar Bawaan

Sebelum mulai packing, sebaiknya buat daftar barang apa saja yang akan dibawa. Pastikan untuk menuliskan benda yang dibutuhkan saja. Eliminasi yang sekiranya bisa dibeli di tempat liburan dan tersedia di hotel.

2. Cek Kondisi Cuaca di Tempat Traveling

Hal utama yang harus dilakukan ketika mengemas barang sebelum berangkat traveling adalah mengetahui kondisi cuaca di sana. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah perlu membawa beberapa barang yang cukup memakan banyak ruang seperti pakaian hangat yang tebal atau tidak.

3. Pilih Tas yang Akan Digunakan

Jika Anda akan menghabiskan waktu traveling cukup lama, tepat rasanya kalau membawa koper atau tas yang berukuran besar. Tapi, kalau hanya pergi dalam hitungan hari, rasanya cukup membawa tas kecil atau ransel. Selain membuat bawaan jadi lebih ringan, Anda juga terhindar dari hasrat untuk memasukan banyak barang ke dalam tas. 

sumber : liputan6

4. Bawa Pakaian Seperlunya

Meski berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri selama dua minggu atau bahkan satu bulan, bukan berarti Anda harus membawa seluruh isi lemari ke dalam koper. Bawalah pakaian secukupnya.

Pilih pakaian yang berwarna netral agar bisa dikombinasikan dengan berbagai aksesoris sehingga tetap terlihat trendy meski dipakai berkali-kali. Upayakan untuk memilih baju atau celana multiguna yang bisa dipakai saat santai ataupun formal.

Jangan ragu untuk membersihkan pakaian Anda di tempat traveling. Bisa dengan cara mencucinya sendiri atau menggunakan jasa laundry yang ada di hotel.

5. Pilih-pilih Produk Kecantikan

Saat traveling, Anda hanya membutuhkan riasan tipis di wajah agar terlihat tetap segar meski seharian menjelajahi tempat-tempat wisata seru. Oleh sebab itu, sayang rasanya kalau membawa seluruh koleksi produk kecantikan yang Anda miliki saat seperti ini. Cukup membawa moisturizer, bedak, lipstik/lipbalm, serta maskara sebagai "alat tempur" ketika berlibur.

7. Alas Kaki yang Penting 

Alas kaki seringkali memakan banyak ruang di koper. Yang perlu diingat adalah cek destinasi tempat wisata yang akan dikunjungi. Apakah mengharuskan Anda untuk memakai sepatu formal atau tidak. Yang pasti, sandal jepit dan sepatu kets adalah alas kaki yang paling dibutuhkan saat traveling. Pilih yang berwarna netral agar bisa dikombinasikan dengan pakaian apa pun sehingga Anda tak memerlukan banyak sepatu atau sandal untuk dibawa.

8. Jangan Packing Mendadak

Mengemas barang ke koper ketika mepet waktunya juga jadi salah satu penyebab orang mengalami overpacking. Sebab, walau terdengar sederhana kenyataannya packing juga membutuhkan pikiran jernih dan memakan waktu lama. Perasaan panik dikejar waktu dapat membuat Anda tak dapat memilih barang-barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Liburan ke luar negeri lebih mudah dengan Reservasi.com. Beli tiket pesawat dan booking hotelnya di Reservasi.com. Dapatkan diskon hingga jutaan rupiah tanpa minimum transaksi setiap harinya di sini.

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga
Artikel Selanjutnya
Patut Dicoba, Wisata Unik ala Dude Harlino