Sukses

Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Tak perlu keluar biaya untuk menyewa tukang, kamu pun bisa mengecat tembok rumah sendiri dengan mengetahui tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ingin memiliki suasana baru di rumah? Suasana yang lebih segar dan ceria? Mudah sekali, kamu tinggal mengganti cat tembok dengan warna baru. Tak perlu keluar biaya untuk menyewa tukang, kamu pun bisa kerjakan sendiri. Mulailah dengan menyiapkan peralatan dan memilih cat serta tembok yang berkualitas.

Setelah segala kebutuhan sudah dipersiapkan, selanjutnya perhatikan cara mengecat tembok rumah yang tepat dan benar dari Avitex berikut ini. Ini penting sekali supaya kamu mendapatkan hasil yang memuaskan dan cat tembok awet, tidak terkelupas.

1. Persiapkan Permukaan

Permukaan yang akan dicat harus kering dan bersih, bebas dari debu, kotoran dan minyak. Lubang kecil atau retakan halus sebaiknya diperbaiki dahulu sebelum dicat.

Lindungi bagian yang tak ingin dicat dengan lakban, kertas atau pita perekat. Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai, jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

Untuk persiapan permukaan ada dua hal yang perlu diperhatikan dari langkah pertama ini.

a. Permukaan baru:
Untuk hasil sempurna, biarkan tembok baru benar – benar kering.

b. Permukaan lama:
Apabila daya lekat dan kondisi cat lama masih baik, permukaan dinding bisa langsung dicat. Untuk hasil yang terbaik, kerok cat yang terkelupas sampai bersih dan amplas permukaan hingga rata.
Sebelum mulai dengan cat tembok, gunakan cat dasar yang mengandung akrylic emulsion bahan cat yang memiliki daya tahan terhadap garam alkali dan effloresence.

2. Cara Penggunaan

Aduk terlebih dahulu sebelum digunakan. Pada bagian pengenceran 20% untuk lapisan pertama dan 10% untuk lapisan berikutnya. Gunakan air bersih untuk pengenceran.

Pakailah alat pelindung mata pada saat pengamplasan dan pengecatan. Pastikan ada ventilasi yang cukup selama pengecatan dan pengeringan. Apabila tidak cukup ventilasi, pakailah alat pelindung respirator yang sesuai. Bila terkena kulit, bersihkan segera dengan air dan sabun.

3. Gunakan Kuas Kecil Pada Bagian yang Sempit

Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

Selanjutnya untuk trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. 

Jika Anda menggunakan Avitex cat tembok lakukan pengaplikasiannya 2-3 lapis. Mengapa Avitex cat tembok? Karena Avitex adalah cat tembok interior dengan kualitas mutu terjamin. Avitex cat tembok tanpa merkuri dan tanpa timbal sehingga aman untuk anggota keluarga yang beraktivitas di dalam rumah.

Avitex cat tembok memiliki resin terbaik sehingga tidak mudah mengelupas. Menggunakan pigmen warna pilihan sehingga menghasilkan warna cerah. Yang terpenting anti jamur, anti lumut dan tidak mudah pudar.

Hasil Avitex cat tembok untuk waktu kering bisa disentuh  adalah 30 menit, ini tergantung pada sirkulasi, suhu dan kelembapan udara. Untuk kering sempurna membutuhkan waktu 8-12 jam.

4. Pembersihan Peralatan

Segera cuci peralatan dengan air bersih, supaya lebih awet dan bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya.

5. Cara Simpan dan Penanganannya

Kemasan cat harus selalu tertutup rapat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Bila cat tumpah, taburkan pasir atau tanah pada daerah yang tertumpah. Jangan membuang sisa cat ke dalam selokan atau anak sungai. Buanglah ke tempat - tempat yang diijinkan menurut peraturan yang ada. Kemasan hanya dipergunakan untuk menyimpan cat.

Selamat mencoba!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini