Sukses

5 Cara Pemimpin Membangun Kerja Tim

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah tim pekerjaan maupun tim organisasi, pastinya memiliki seorang pemimpin yang dipercaya oleh anggotanya. Menjadi seorang pemimpin, tentunya memiliki trik untuk dapat mengatur dan mengorganisasi setiap anggota. Berikut 5 cara pemimpin agar dapat membangun kerjasama tim yang baik, dilansir dari Success.com, Jumat (25/8/2017)

1. Jadilah pemimpin yang rendah hati
Menjadi pemimpin dalam satu tim, harus dapat memastikan anggota dapat bekerja dengan baik dengan Anda. Sebagai pemimpin bukan berarti Anda hanya memerintah, namun dapat bekerja sama dengan baik dengan semua anggota. Berikan mereka kesempatan untuk memberi Anda saran atau kritik, ataupun penghargaan. Adapun pemimpin yang baik, tidak membuat batasan kepada dirinya dan anggotanya.

2. Peraturan dalam berkomunikasi
Dalam melakukan tugas bersama, pastinya setiap anggota membutuhkan banyak komunikasi dengan Anda. Sering kali kesalahpahaman akan terjadi diantara pemimpin dan anggota tim. Untuk mengatasinya, Anda sebagai pemimpin dapat memberikan peraturan dalam berkomunikasi.

3. Puji secara terbuka dan kritik secara pribadi

Tidak ada satu orang pun yang tidak suka bila dipuji. Tidak ada salahnya untuk memuji beberapa anggota Anda, misalnya resepsionis, sekertasis, ataupun tangan kanan Anda. Pujian yang Anda berikan, dapat membantu mereka lebih bersemangat bekerja, dan memotivasi mereka. Namun, dalam dunia bekerja tidak selamanya berjalan dengan mulus.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

4. Saling menghormati

Hal yang paling perlu diingat oleh semua anggota tim adalah saling menghargai. Dengan begitu, semua hal yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Bila salah satu anggota tim Anda meminta ijin beberapa hari untuk mengunjungi orangtuanya, tidak ada salahnya untuk memahaminya. Sebaliknya, bila Anda sedang sakit ataupun sedang tertekan dengan masalah pribadi, mereka akan membantu Anda untuk beberapa tugas yang tertinggal.

5. Memberikan contoh yang positif
Bila Anda dipilih menjadi pemimpin, mungkin Anda mulai mempertimbangkan beberapa perlakuan Anda ke setiap orang. Anda mungkin mulai merubah cara berpakaian, cara berkomunikasi, dan cara bekerja. Apa yang dilakukan di kantor, bisa saja menjadi sebuah contoh atau panutan bagi tim Anda. Berusalah menjadi pemimpin yang memberikan contoh baik, sehingga setiap anggota ikut mendukung Anda.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Serikat Buruh Perlu Dukung Pengembangan Keterampilan Anggotanya
Artikel Selanjutnya
Indonesia Dukung Komitmen ASEAN Meningkatkan K3