Sukses

Dana Bos First Travel untuk NYFW Setara Ongkos Umrah 1 RT

Liputan6.com, Jakarta Kiprah Anniesa Hasibuan di industri fashion semakin diakui. Bahkan, Anniesa tampil pada peragaan busana bergengsi di New York Fashion Week (NYFW). Tampil pada panggung utama NYFW The Show, Anniesa menampilkan koleksi busana modest wear ready to wear miliknya bertajuk "D'Jakarta".

Sampai saat ini, desainer yang juga bos First Travel ini gagal memberangkatkan puluhan ribu anggota jemaah. Dia dan sang suami harus mendekam di penjara akibat kasus tersebut. Lantas, berapa jumlah biaya yang dikeluarkan Anniesa Hasibuan dalam pagelaran busana dunia New York Fashion Week?

Teti Nurhayati, pendiri Indonesian Fashion Gallery (IFG) sebagai event organizer yang memberangkatkan Anniesa Hasibuan ke New York Fashion Week pun buka suara. Teti mengungkapkan, dia dan tim bertugas dan punya misi membantu desainer yang ingin membuka pasar ke Amerika untuk membawa nama Indonesia di dunia mode internasional.

1 dari 3 halaman

Pengakuan EO yang berangkatkan Anniesa Hasibuan

Salah satu desainer yang bekerja sama dengan IFG adalah Anniesa Hasibuan. Bos First Travel ini melalui berbagai proses kurasi selama hampir tiga bulan. Selama waktu kurasi ini, Anniesa dan tim belajar untuk membuat desain yang terbaik agar lolos seleksi.

Setelah itu, pihak IFG mencarikan sponsor makeup dari Indonesia untuk membantu dana, branding, hingga biaya keberangkatan tim yang bertugas. Sementara biaya acara, produksi, dan venue dibayarkan desainer yang bersangkutan, dalam hal ini Anniesa Hasibuan.

"Kami sebagai EO mencari sponsor makeup yang nantinya menutupi kebutuhan branding dan keberangkatan tim. Kalau biasanya, venue dan produksi dibayarkan Anniesa Hasibuan secara langsung kepada pihak New York Fashion Week," kata Teti Nurhayati saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (23/8/2017).

2 dari 3 halaman

Rincian biaya fantastis

Teti Nurhayati mengungkapkan rincian biaya yang dikeluarkan Anniesa Hasibuan untuk tampil di panggung utama New York Fashion Week The Show ini mencapai US$ 40 ribu atau setara Rp 530 juta. Biaya ini di luar ongkos produksi dan keberangkatan tim dari Anniesa Hasibuan.

"Kisaran harga venue untuk panggung New York Fashion Week The Show antara US$ 30 ribu-60 ribu. Biaya ini tergantung dengan fasilitas yang didapatkan desainer. Untuk Anniesa Hasibuan, saat itu berkisar US$ 39.500," kata Teti.

Sebelumnya, Anniesa Hasibuan juga ikut memamerkan karya di panggung New York Couture Fashion Week yang menghabiskan biasa mencapai US$ 15 ribu atau setara dengan Rp 200 juta.

Untuk membayar venue dan keberangkatan tim di dua pagelaran busana bergengsi ini, diperkirakan Anniesa Hasibuan menghabiskan biaya mencapai US$ 100 ribu atau berkisar Rp 1,3 miliar. Biaya ini sudah bisa memberangkatkan 100 anggota jemaah umrah First Travel.

Artikel Selanjutnya
Bisakah Uang Korban First Travel Kembali?
Artikel Selanjutnya
Bos First Travel Sempat Jual 10 Mobil untuk Bayar Utang