Sukses

Jokowi Meriahkan Karnaval Kemerdekaan dalam Balutan Baju Sunda

Liputan6.com, Jakarta Kemeriahan Perayaan HUT ke-72 RI akan ditutup dengan gelaran Karnaval Kemerdekaan yang akan diselenggarakan di Bandung pada tanggal 26 Agustus 2017. Tak kalah menarik dengan gelaran sebelumnya di Pontianak pada 2015 dan Danau Toba pada 2016, karnaval ini yang mengusung tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama" akan menampilkan sejuta pesona Jawa Barat kepada para wisatawawan dan warga bandung.

Selain akan menyuguhkan beragam atraksi seni tradisional khas Jawa Barat yang berpadu dengan seni kontemporer, karnaval ini juga akan diikuti oleh beragam komunitas seperti rombongan hobi dari Panguyuban Sepedah Baheula dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, diikuti juga dengan parade kampung adar dan budaya yang menampilkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga, Kampung Adat Kuta Ciamis, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.

Lebih dari itu, panitia penyelenggara juga akan menghadirkan beberapa festival besar yang ada di Indonesia, mulai dari Jember Fashion Carnival hingga Solo Batik Carnival di Bandung. 

Pemandangan langka, Jokowi-Jk berpose bareng mantan presiden RI di Istana Merdeka dalam rangka upacara peringatan HUT ke-72 RI. Foto: Akun Facebook Joko Widodo.

Gelaran ini juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara yang akan hadir dengan baju khas adat Sunda. Seperti yang kita lihat sebelumnya, Joko Widodo dan Ibu Negara akhir-akhir ini memang sering tampil dalam baju Adat di berbagai kesempatan beberapa waktu lalu. 

"Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana nantinya akan mengenakan baju khas adat Sunda hasil rancangan desainer ternama Deden Siswanto beserta lima desainer asal Jawa Barat lainnya. Nantinya Jokowi akan mengenakan beskap yang dipadukan dengan kain batik. Sedangkan Ibu Iriana akan mengenakan kebaya khas Sunda," ujar Olga Lidya, anggota panitia Karnaval Kemerdekaan saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (23/8/2017).

Menurut Olga, nantinya Jokowi akan dibuatkan beskap berwarna putih atau ungu. Sementara itu, untuk kain batik juga ada dua pilihan antara motif Merak Ngibing atau gabungan beberapa motif dari Priangan.

Jokowi dijadwalkan hadir dalam "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017". Ia akan memimpin karnaval dari Kereta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Maruarar: Jangan Takut Hadapi Terorisme dan Radikalisme
Artikel Selanjutnya
Karnaval di Bandung Berhadiah Sepeda dan Dinner dari Ridwan Kamil