Sukses

Inilah Meditasi 5 Menit Sederhana Untuk Menenangkan Diri Sendiri

Meditasi dikenal sebagai sebuah cara untuk menenangkan diri,serta membuat pikiran menjadi lebih relaks.

Liputan6.com, Jakarta Meditasi dikenal sebagai sebuah cara untuk menenangkan diri,serta membuat pikiran menjadi lebih relaks. Bahkan semua orang membutuhkan meditasi, sehingga akan sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya. Seperti yang diungkapkan oleh Suhaila Nordin dalam Pameran Seni Rupa Menjadi Indonesia di Plaza Indonesia.

“Meditasi adalah cara untuk membulatkan niat. Ketika sudah tenang, kepala sudah bersih, maka kita akan lebih kreatif. Kreativitas ini sangat penting untuk seniman, karena dalam seni butuh pemikiran kreatif,” ungkap Suhaila Nordin, pembimbing meditasi dari Malaysia yang mengembangkan tekniknya sendiri.

Untuk memulainya, harus ada niat yang disampaikan dalam hati sehingga tubuh bersiap menerima proses meditasi. Setelah itu beri permisi pada seluruh tubuh, agar proses meditasi bisa tercapai dengan sempurna. Setelah ada kepercayaan dari tubuh dan pikiran, barulah meditasi bisa dilakukan.

Pastikan tubuh duduk dengan nyaman di tempat duduk. Jadikan tubuh rileks dengan melemaskan seluruh bagian tubuh, mulai dari kaki, tangan, tubuh, hingga kepala kita. Barulah memejamkan mata dan menghela nafas, sambil berkonsentrasi menurut tarikan nafas yang ada.

Sambil mendengarkan aliran nafas, perhatikan pula detak jantung yang setiap saat berdetak. Dengan menikmatinya, kita menghargai bahwa tubuh ini sudah bekerja keras untuk tetap hidup dan berterimakasih kepada nikmat yang kuasa. Barulah setelah 5 menit meditasi berjalan, alihkan kesadaran kembali perlahan melalui nafas, tubuh, hingga seluruh indera kepada keadaan sekitar, sehingga sesi meditasi telah selesai dilakukan.

“Kita semua butuh meditasi dan semua orang bisa melakukan meditasi di mana saja,” tutup Suhaila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.