Sukses

Hati-Hati, Ini 10 Tanda Tingkat Stres Anda Sudah Tidak Terkontrol

Ingin tahu apa saja tanda-tandanya jika Anda mengalami stres yang sudah tidak dapat dikontrol lagi? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Stres adalah bagian yang tidak dapat dihindari dari sebuah kehidupan, termasuk juga Anda. Anda bisa merasakan stres di mana saja, seperti yang paling umum adalah tempat kerja.

Stres memiliki tingkatannya tersendiri, namun bagaimana jika Anda tidak lagi bisa mengendalikan rasa stres ini? Dilansir dari thelist.com, Selasa (22/8/2017), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa tingkat stres Anda sudah tidak dapat dikontrol dan harus berhati-hati.

1. Anda menekan gigi
Ini disebut sebagai bruxism dan kebanyakan orang melakukan dalam tidur. Menurut penelitian, kemungkinan orang menekan gigi mereka berhubungan dengan stabilitas emosional dan stres.

Jika Anda tidak yakin dengan hal ini, orang-orang yang menekan gigi saat tidur biasanya mengalami sakit kepala, sakit telinga, dan nyeri rahang saat bangun di pagi hari. Orang-orang yang terbiasa melakukan ini juga mengakui bahwa hal tersebut dilakukan karena berhubungan langsung dengan stres.

2. Memiliki masalah untuk mempelajari hal baru
Ada alasan nyata mengapa stres dapat mengganggu kemampuan Anda untuk belajar dan mengingat. Molekul stres dapat menghancurkan struktur pada otak yang bertanggung jawab untuk mempelajari hal baru.

3. Anda memiliki halusinasi pendengaran
Hal ini terjadi lebih banyak pada kaum wanita daripada pria dan dengan usia di atas 50 tahun. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa halusinasi pendengaran berhubungan dengan tingkat stres atau kecemasan yang tinggi.

4. Serangan alergi menjadi lebih parah
Jika Anda memiliki alergi tertentu dan mengalami serangan yang lebih parah secara tiba-tiba, ini bisa menjadi salah satu tanda stres. Stres membuat reaksi alergi berlangsung lebih lama, bahkan lebih buruk.

5. Kelebihan makan dan berat badan


Stres jangka pendek memang berkaitan erat dengan kebiasaan makan berlebih. Kaum wanita cenderung beralih kepada makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi ketika merasa stres.

6. Anda sering menghela napas
Semua orang memang menghela napas, namun jika Anda melakukannya lebih sering daripada biasanya, ini tanda dari ketidakstabilan emosional, seperti stres.

7. Anda menjadi lebih ceroboh
Ceroboh di sini maksudnya adalah Anda lebih sering menjatuhkan barang-barang atau tidak sengaja menumpahkan minuman. Ini merupakan tanda dari stres yang sedang Anda alami. Stres akan membuat konsentrasi terganggu.

8. Anda menderita masalah kulit
Menurut beberapa penelitian, masalah kulit yang Anda alami bisa disebabkan oleh keadaan psikologis. Orang yang sedang sangat stres dapat membuat kulit lebih sensitif, psoriasis, jerawat, ruam, rosacea, dan eksim memburuk.

Rambut rontok juga merupakan indikasi dari stres tinggi, terutama Anda yang memiliki masalah keluarga. Selain itu, kulit akan menjadi kering kronis dan menghilangkan kelembapan alami kulit.

9. Anda lebih sering mengalami mimpi buruk
Mimpi buruk ditemukan sebagai perpanjangan dari pikiran Anda sepanjang hari. Mimpi buruk juga berfungsi sebagai pelepasan emosional bagi otak.

Menurut penelitian, orang-orang yang mengalami mimpi buruk ditemukan menderita kegelisahan saat terjaga. Berhati-hatilah, mimpi buruk ini juga ditemukan lebih sering dialami oleh kaum wanita.

10. Anda merasa gamang
Stres dapat membuat rasa gamang atau bingung ini menjadi semakin buruk. Apakah dari beberapa tanda di atas, Anda merasakan salah satunya merupakan indikasi dari stres yang sedang dialami saat ini?

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.