Sukses

8 Hal yang akan Membuat Hidup Anda Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin panjang umur dengan kondisi fisik yang masih sehat. Tentu saja setiap orang ingin mendapatkannya. Lalu, apakah rahasia di balik itu semua?

Dilansir dari The List, Senin (22/8/2017), meski kita tidak bisa menebak seberapa umur manusia, beberapa hal ini bisa memperbaiki peluang hidup lebih lama, bahagia, dan sehat.

Tidak merokok
Banyak sekali kampanye kesehatan yang menyatakan bahwa rokok adalah benda yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), merokok menyebabkan hampir satu dari lima kematian per tahun di Amerika Serikat. Sebab, merokok dapat meningkatkan risiko kanker pada tubuh.

Duduk Terlalu Lama
Jangan sampai Anda menghabiskan banyak waktu hanya untuk duduk. Menurut sebuah penelitian yang dimuat pada artikel yang diterbitkan Women’s Health menemukan bahwa aktivitas duduk yang terlalu lama akan merusak sanitasi, pikiran, siklus tidur, dan organ tubuh lainnya. Kebiasaan ini juga akan memicu risiko obesitas, kanker, penyakit radiovaskular, dan meningkatkan angka kematian yang cukup besar.

Tabir Surya
Menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari tanpa menggunakan tabir surya memiliki risiko yang sangat besar pada tubuh. Menurut penelitian terbaru dari Wellcome Trust Sanger Institute di Cambridge, Inggris, menemukan bahwa 25 persen sel kulit normal akan mengembangkan mutasi setelah terkena sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker pada kulit.

Tidur
Tidak cukup tidur dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan kematian dini. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh, melukai kemampuan tubuh untuk mengatur hormon yang berkaitan dengan respons stres, lapar, metabolisme, dan mood. Mengingat efek negatif yang ditimbulkan inilah yang mengakibatkan kurang tidur dapat berpotensi terhadap rendahnya harapan untuk hidup lebih lama.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Konsumsi kacang-kacangan dan makanan segar

Jika ingin berumur lebih lama, maka jangan takut untuk mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Sebab, makanan alami ini sangat baik untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Olahraga
Bagi Anda yang malas berolahraga, mulai sekarang mulailah membiasakan tubuh untuk melakukan latihan sederhana. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berjalan dan bersepeda, karena gerakan ini akan menurunkan risiko kematian dini sebesar 12 persen.

Kesehatan Mental
Faktor utama yang memengaruhi hidup lebih lama selain kesehatan fisik adalah kesehatan mental. Untuk mendapatkan kesehatan mental, Anda harus memiliki dukungan dari jaringan sosial yang kuat. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di PloSMedicine, memiliki jaringan sosial yang baik melalui teman, keluarga, dan rekan kerja, ternyata mampu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, metabolisme glukosa yang baik dan menurunkan tingkat stres.

Santai
Kapan pun waktu yang Anda bisa, manfaatkanlah untuk relaks dan santai sejenak. Sebab, menurut Health School Harvard Health Publications mencatat bahwa stres kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penekanan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatnya kecemasan, depresi, serta meningkatkan risiko kematian dini.

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
6 Hal Ini yang Membuat Anda Masih Single