Sukses

Sering Merasa Stres? Ini Bahayanya untuk Otak Anda

Liputan6.com, Jakarta Rasa tertekan ataupun stres memang kerap dialami oleh semua orang. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang dapat menyebabkan stres. Stres yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi otak. Berikut hal yang dapat terjadi pada otak Anda bila stres tak kunjung hilang, seperti yang dilansir dari Readersdigest.ca, Selasa (22/8/2017).

Stres bisa muncul dari banyak faktor, seperti pekerjaan kantor yang menumpuk, pertengkaran dengan orang rumah, atau hubungan asmara yang tidak membaik. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari solusi dan menyelesaikannya dengan segera. Namun, bagi sebagian orang, menyelesaikan masalah bukanlah sebuah solusi. Hal ini biasanya berujung menjadi stres kronik.

Stres kronik akan berisiko depresi tinggi pada tubuh dan pikiran yang akan mengganggu rutinitas Anda. Bila seseorang mengalami depresi, cenderung berpikiran negatif ke semua hal dan emosi tidak stabil. Otak akan kesulitan untuk mengatur mood, dan lebih memilih untuk berdiam diri.

Otak akan menyusut. Kondisi stres akan menyebabkan beberapa komposisi otak yang hilang sehingga membuat hipokampus otak menyusut beberapa saat. Hipokampus adalah bagian otak besar yang berperan untuk mengingat. Hal ini pula akan membuat daya ingat Anda melemah dan gampang lupa. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga. Luangkan waktu selama 30 menit untuk sekadar berjalan santai untuk menurunkan tingkat stres dan menaikkan mood Anda.

Selain olahraga, Anda juga dapat mengikuti kelas meditasi. Proses meditasi akan membantu Anda untuk lebih tenang dan berpikiran jernih. Memang bukan hal yang mudah untuk menenangkan pikiran Anda, tapi tidak ada salahnya untuk coba fokus dan konsentrasi.

Hal terakhir yang paling mudah dilakukan adalah tidur. Berusahalah untuk mengistirahatkan tubuh Anda dan menjauhkan pikiran buruk dengan tidur. Kurang waktu tidur jelas akan meningkatkan hormon stres dan menjauhkan diri Anda dari mood baik.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres