Sukses

Rincian Dana Rp 2 Miliar NYFW Bos First Travel Anniesa Hasibuan

Liputan6.com, Jakarta Anniesa Hasibuan, desainer Indonesia dan pemilik First Travel mencatatkan prestasi dalam kariernya dengan ikut pekan mode dunia, New York Fashion Week (NYFW). NYFW adalah satu dari empat pekan mode terbesar di dunia (Paris Fashion Week, London Fashion Week, dan Milan Fashion Week).

Di balik tebak-tebakan tren yang akan dipamerkan desainer dunia, yang tidak kalah menarik adalah biaya yang dihabiskan untuk bisa tampil di panggung mode bergengsi. Menurut laporan dari fashioniser.com, untuk bisa menyelenggarakan fashion show dibutuhkan sekitar 200.000 Dolar AS atau sekitar Rp 2,6 miliar.

Jumlah tersebut mencakup biaya yang dihabiskan untuk produksi, venue, model, fashion stylist, makeup, dan humas. Namun, jika desainer sekelas Marc Jacobs, mereka tak segan menghamburkan 1 juta Dolar AS untuk fashion show tunggal.

Tercatat, Anniesa Hasibuan sendiri mengikuti dua kali ajang New York Fashion Week. NYFW memiliki generalisasi fashion yang minimalis namun memperhatikan detail, menerima banyak bakat baru dengan rancangan kontemporer.

1 dari 4 halaman

Jenis Fashion Show

Desainer busana muslim asal Indonesia Anniesa Hasibuan memamerkan koleksinya di New York Fashion Week (Foto: Afida Sukma)
Ada beberapa jenis fashion show dalam dunia mode. Yang sering dilihat adalah fashion show konvensional dengan model yang berjalan di atas catwalk. Padahal ada beberapa jenis fashion show yang jamak dilakukan para desainer.

Seperti parade atau festival, presentasi fashion, lewat film atau interactive lookbook. Anniesa Hasibuan memilih fashion show konvensional, di mana ia memakai model dan berjalan memamerkan busananya.

Bujet Fashion Show

Tidak ada bujet atau anggaran yang tetap di dunia fashion show. Bujet ditentukan sebelum membuat konsep dan menemukan venue, terutama jika menggandeng agency.

Misalnya, ada hair stylist dengan bayaran 8.000 Dolar AS atau sekitar Rp 100 juta untuk sehari. Ada juga pilihan 10.000 Dolar AS atau sekitar Rp 133 juta untuk satu minggu alias enam hari (harga berlaku sama untuk model dan selebritas).

Namun, para desainer biasanya memanfaatkan peluang untuk mencari sponsor untuk menekan anggaran produksi. Seperti Anniesa Hasibuan yang menggandeng produk kosmetik Wardah untuk makeup dan penata rambut.

Seperti Maybelline, MAC Cosmetics, dan Schwarzkopf yang sudah menjadi langganan sponsor pekan mode dan acara televisi yang bersinggungan dengan dunia fashion. Bermitra dengan mereka, pasti meringankan biaya anggaran yang bisa menghemat ribuan dolar.

2 dari 4 halaman

Lokasi Fashion Show

Desainer busana muslim asal Indonesia Anniesa Hasibuan memamerkan koleksinya di New York Fashion Week (Foto: Afida Sukma)

Anniesa Hasibuan mempunyai 1.500 orang tamu dalam NYFW yang penuh sesak memenuhi ruangan The Dock, Skylight Moynihan Station, New York. Tentunya butuh ruangan besar untuk menampung undangan dengan pemilihan venue yang sesuai.

Sebuah tempat kecil seperti Lincoln Center memasang tarif 15.000 Dolar AS atau sekitar Rp 200 juta. Sementara ruangan yang lebih besar dibanderol mulai dari 50.000 Dolar AS atau sekitar Rp 660 juta seperti di ruang galeri di New York Public Library.

Biaya untuk Gabung dengan Fashion Show

Fashion week atau pekan mode selalu menjadi pusat perhatian dunia dan tentu saja ada biaya untuk bergabung di dalamnya. Harga yang dibayar bervariasi, misalnya, untuk bergabung di Madrid Fashion Week sekitar 3.000 Dolar AS dan membayar bulanan sebesar 300 euro.

Setelah aplikasi diterima, desainer membayar lagi 3.000 Dolar AS untuk memakai fasilitas yang ada, seperti casting model, memakai layanan sponsor, makeup dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Daftar Checklist Fashion Show

Anniesa Hasibuan di panggung New York Fashion Week
Berapa besarnya biaya yang dikeluarkan, sekali lagi tergantung pada konsep dan koleksi sang desainer. Tetapi, ini adalah daftar utama yang harus dipersiapkan dari desainer untuk menjadi bagian dari pekan mode. Seperti Anniesa Hasibuan yang harus mempersiapkan detail di bawah ini untuk kelancaran pagelaran busananya.

1. Lokasi dimulai dari 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1 miliar di kota New York
2. Biaya percetakan termasuk untuk undangan dimulai dari 5.000 Dolar AS atau sekitar Rp 66 juta
3. Dekorasi termasuk bunga
4. Rental furnitur termasuk meja, kursi, dan sebagainya
5. Soundsytem termasuk lighting mulai dari 10.000 Dolar AS atau sekitar Rp 133 juta
6. Model atau kontrak dengan agensi model, tergantung dari sosok yang akan berjalan di catwalk dengan bayaran mulai dari 200.000 Dolar AS atau sekitar Rp 2,6 miliar
7. Catering
8. Fotografer dan videographer
9. Fasilitas parkir
10. Tata rias dan tata rambut mulai dari 100.000 Dolar AS atau sekitar Rp 1 miliar
11. Stylist mulai dari 5.000 sampai 20.000 Dolar AS
12. PR atau humas mulai dari 10.000 sampai 25.000 Dolar AS

 

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Wiranto: Uang Jemaah First Travel Hanya Pindah Tempat, Kita Cari
Artikel Selanjutnya
PT PP Raih Kontrak Baru Rp 21,8 Triliun hingga Juli 2017