Sukses

Hobi Makan? Konsumsi Makanan Ini Tanpa Takut Gemuk

Liputan6.com, Jakarta Menikmati makanan adalah hal yang menyenangkan. Apalagi jika Anda hobi berwisata kuliner. Tetapi untuk sebagian orang yang sedang melakukan diet ketat menghadapi makanan terutama makanan yang terlihat lezat adalah hal yang cukup menyiksa. Menahan diri untuk bertahan tidak menyantap makanan yang ada di depan mata dirasakan cukup berat. Keinginan untuk segera menyantap makanan yang ada bertentangan dengan keharusan untuk tidak menyantap makanan agar berat badan tidak naik.

Ketakutan berat badan naik inilah yang membuat orang yang sedang diet menghindar untuk banyak makan, padahal tidak semua bahan makanan harus dihindari. Dilansir dari laman Brightside, Senin (21/8/2017) ada beberapa makanan yang tetap bisa Anda makan tanpa perlu takut gemuk ketika memakannya.

1. Salad
Semangkuk salad terdiri atas banyak sayuran dan buah, walaupun ada beberapa salad tertentu yang juga ditambahkan ikan atau udang. Sebagian besar salad mengandung vitamin terutama vitamin A dan C. Selain itu kandungan asam folat dan zat besi yang berasal dari sayuran sangat bermanfaat untuk tubuh. Secara keseluruhan salad hanya mengandung sangat sedikit kalori bahkan hampir tidak ada. Jadi kalau Anda mengonsumsi salad dalam jumlah yang banyak, tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah. 

2. Putih Telur
Beberapa orang ketakutan makan telur karena tidak ingin gemuk. Kuning telur memang mengandung lemak namun jika Anda ingin makan telur, putih telur masih aman untuk Anda. Bahkan Anda yang sedang menjalankan diet ketat sekali pun tetap dapat memakan putih telur. Anda bisa merebus putih telur ini atau mencampur putih telur dengan irisan tomat dan bawang untuk menikmati telur dadar yang paling lezat. Kalau Anda ingin mempertahankan bentuk badan yang ideal, ada baiknya tidak menggoreng telur ini. Minyak dari menggoreng akan menumpukkan lemak di tubuh Anda.

3. Seledri
Salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah seledri. Seledri mengandung 95 persen air. Selain itu seledri juga bisa memenuhi 30 persen vitamin K yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Manfaat terbaik bisa didapatkan saat mengkonsumsi seledri yang masih sangat segar, karena setelah lima hari seledri akan berkurang manfaatnya sebagian.

4. Melon
Jika Anda ingin menikmati menu yang manis tanpa ketakutan kelebihan gula dalam tubuh, Anda bisa mulai mengonsumsi melon. Anda bisa menyantap makanan manis ini sepuasnya tanpa harus membuangnya sebagian karena ketakutan akan gula. Selain itu melon juga mengandung vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

5. Brokoli
Bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, brokoli adalah makanan favorit. Sayuran hijau ini sangat lezat dinikmati dalam menu apapun. Dibuat sup, dipanggang atau dimakan dalam keadaan segar sekalipun rasanya tetap nikmat. Anda bisa mengonsumsi brokoli kapan pun dalam jumlah yang Anda mau. Banyak manfaat yang bisa didapat dari memakan brokoli. Selain mengandung serat yang sangat tinggi, brokoli juga kaya akan vitamin A, C, E dan K.

6. Tomat
Tomat yang berwarna merah memang begitu menggoda untuk dinikmati. Tidak perlu takut gemuk dalam mengonsumsi tomat. Tomat tidak memiliki kalori yang bisa membuat Anda kelebihan berat badan. Jangan ragu untuk makan tomat karena kandungan lycopene, vitamin A, C, dan B2, asam folat, serat, kromium, dan potassium dalam tomat merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Selain alasan kesehatan, penampilan yang menarik tentu ingin dipertahankan. Tidak perlu takut makan untuk tujuan itu karena ada banyak makanan yang bisa tetap Anda makan tanpa harus ketakutan kelebihan berat badan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Banyak Daging Kambing? Lakukan Hal Ini Setelah Idul Adha