Sukses

Manfaat Minum Segelas Air di Pagi Hari yang Belum Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Memulai hari dengan minum air akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Anda tetap bisa mengonsumsi kopi atau teh favorit Anda sesudahnya.

Meski sederhana, kebiasaan minum segelas air ketika bangun tidur masih jarang dilakukan kebanyakan orang. Padahal rutinitas ini tidak memerlukan waktu yang lama namun memiliki banyak manfaat.

Seperti yang dilansir dari situs Purewow, Senin (21/8/2017), berikut enam keajaiban yang bisa Anda rasakan ketika rutin memulai pagi dengan segelas air.

1. Mengubah metabolisme tubuh

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, meminum segelas air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen. Memberikan segelas air putih ke dalam perut Anda yang masih kosong dapat membuat pencernaan Anda lebih efisien untuk memulai hari.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Ketika Anda mengonsumsi segelas air putih di pagi hari dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Asam ini dapat mengganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi sakit kepala

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Meminum air merupakan kunci utama untuk menipiskan zat dalam urine yang dapat menyebabkan batu ginjal. Asupan air Anda harus cukup selama seharian penuh, namun memulai dengan segelas air di pagi hari setelah bangun dari tidur akan membuat usaha Anda mencukupi kebutuhan air lebih mudah.

4. Mengurangi sakit kepala

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Meminum air di pagi hari merupakan langkah awal agar sakit kepala Anda tidak semakin parah. Sehingga tidak mengganggu performa kerja dan penampilan Anda tentunya.

3 dari 3 halaman

Mengubah kebiasaan lebih baik

5. Mengeluarkan racun dari tubuh

Dengan meminum air di pagi hari dapat menjaga usus kecil Anda dari dehidrasi. Saat keseimbangan air dalam tubuh Anda seimbang, maka sistem pencernaan akan semakin baik. Anda akan buang air lebih sering karena asupan air yang cukup. Semakin sering Anda buang air, racun di dalam tubuh terbuang lebih cepat bersama urin.

6. Mengubah kebiasaan lebih baik

Mengisi perut yang kosong di pagi hari dengan segelas air memiliki banyak manfaat mulai dari mengatur pencernaan hingga memberikan semangat dalam beraktivitas. Dengan membiasakan minum segelas air di pagi hari Anda dapat memiliki kebiasaan yang lebih baik setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.