Sukses

Ini yang Akan Terjadi Bila Anda Tidak Mengistirahatkan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda seorang pekerja keras yang sering melupakan waktu istirahat? Bila Anda memiliki waktu sedikit untuk tidur atau bersantai sejenak, maka banyak hal yang buruk akan menimpa tubuh Anda. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup, untuk memulih kembali energi yang telah terbuang. Namun, apa yang terjadi bila Anda memaksakan tubuh untuk tidak istirahat? Dilansir dari Popsugar.com, Senin (21/8/2017).

1. Glikogen yang Menurun
Glikogen adalah sumber energi pada tubuh kita dan penurunan glikogen bukanlah yang tubuh Anda inginkan. Penurunan kadar glikogen pada tubuh akan menghilangkan kontribusi pada respon laktat. Hal ini akan membuat otot menjadi lebih cepat lelah dan lemas.

2. Kortikosteroid Meningkat
Dalam tubuh kita memiliki hormon stres yaitu Kortison dan Kortisol. Kedua hormon ini terbukti tidak baik untuk tubuh dan dapat menurunkan berat badan. Kortikoseteroid cenderung meningkat saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Peningkatan ini tentunya akan menekan sistem kekebalan tubuh dengan menghambat antigen yang tidak dapat melawan sel buruk. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah stres dan terkena penyakit.

3. Kehilangan Massa Otot
Bila Anda sedang melakukan proses pembentukan otot dan tubuh yang ideal, hal yang Anda perlukan adalah olahraga dan tidur yang cukup. Namun, kebiasaan buruk dengan tidak istirahat yang cukup, tidak akan membantu sama sekali. Walaupun Anda melakukan olahraga secara rutin, massa otot tidak akan meningkat bila Anda tidak istirahat.

4. Perubahan Perilaku
Sudah dipastikan, kurang tidur yang berlebihan akan mengacaukan keseharian Anda. Tubuh akan merasa letih dan turun semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Tak hanya itu saja, terdapat perubahan pada mental dan fisik, seperti kurang percaya diri, mudah marah, dan terlihat kusam.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ketahui Fakta Ini Sebelum Lakukan Lip Injections
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya