Sukses

Mau Memutihkan Wajah? Setop 9 Kebiasaan Ini Sekarang

9 kebiasaan yang dianggap sepele ini akan mengganggu program memutihkan kulit wajah. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Pada saat wanita Amerika ingin memiliki kulit sawo matang, lain halnya dengan wanita Indonesia. Mereka justru menginginkan kulit putih.

Memiliki kulit putih masih dianggap definisi dari cantik. Segala cara pun dilakukan untuk memiliki kulit putih. Namun, sadarkah Anda seberapa keras usaha memutihkan wajah tidak akan maksimal jika terbiasa melakukan hal ini:

1. Kurang Minum Air Putih

Padatnya aktivitas terkadang membuat kita lupa untuk minum air putih. Kekurangan air putih dapat membuat kulit tak terhidrasi sehingga kering, muncul kerutan, dan tak kenyal. Hal ini juga menyebabkan warna kulit kusam, sehingga program untuk memutihkan wajah tidak akan berhasil. 

2. Tidak Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Seharian di luar apalagi memakai makeup bisa membuat wajah dipenuhi bedak hingga debu polusi. Agar wajah tetap sehat dan bersih, maka jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Paparan sinar matahari juga bisa membuat wajah muncul flek hitam. Maka memutihkan wajah butuh effort untuk “ritual” harian membersihkan wajah.

3. Tidak Pakai Pelembab Saat Keluar Rumah

Kulit yang terpapar sinar matahari dapat membuat kulit kusam dan berflek hitam. Untuk mengurangi efek tersebut, gunakan pelembap wajah secara rutin sebelum keluar rumah. Terbiasa keluar rumah tanpa pelembap bisa membuat kulit kering dan kusam.

Ingin Memutihkan Wajah? Hindari 9 Kebiasaan Ini Sekarang

4. Malas Berolahraga

Kalau Anda malas berolahraga, maka tak hanya merugikan kesehatan badan, tapi juga wajah Anda. Untuk itu, olahraga secara rutin agar hormon endorfin dapat lepas. Hormon ini dapat mengurangi stres dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

5. Tidak Scrub Wajah Seminggu Sekali

Penting sekali untuk Anda melakukan scrubbing seminggu sekali. Melewatkan scrubbing tidak akan mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab wajah kusam. Sel kulit mati perlu dilepaskan dengan scrubbing. Namun, jangan terlalu sering, karena bisa membuat kulit iritasi.

6. Jarang konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur juga baik untuk kecantikan Anda. Hal ini karena buah dan sayur mengandung antioksidan yang mampu menutrisi kulit sehingga mengurangi efek sinar matahari ke kulit. Efeknya pun kulit akan tampak lebih sehat dan kenyal.

Ingin Memutihkan Wajah? Hindari 9 Kebiasaan Ini Sekarang

7. Banyak Makan Junk Food

Junk food memang sangat enak, tapi berbahaya. Tak hanya berbahaya bagi tubuh dan kesehatan, tapi juga memicu jerawat dan kusam. Untuk itu, jangan jadi kebiasaan karena akan ini mematahkan program memutihkan wajah Anda.

8. Lupa Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen sebaiknya menjadi rutinitas yang Anda lakukan sebelum pergi ke luar rumah. Sinar UV dapat membakar kulit dan memicu timbulnya flek hitam. Untuk itu, lindungi kulit Anda dengan tabir surya agar tidak gosong dan terkena kanker kulit.

9. Kurang Tidur

Tanpa Anda sadari kekurangan tidur sangat buruk untuk kesehatan Anda. Kurang tidur juga dapat mengganggu regenerasi kulit yang dapat membantu peremajaan kulit. Untuk itu, perhatikan lama waktu tidur Anda agar proses memutihkan wajah juga maksimal.

Jadi, bagi Anda yang ingin memutihkan wajah, jangan sepelekan rutinitas sederhana di atas dan hindari hal-hal tersebut yang mampu memberikan dampak negatif pada kulit wajah. Untuk melengkapi proses memutihkan wajah, Anda bisa konsultasi ke klinik kecantikan yang ada di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.