Sukses

6 Manfaat Konsumsi Kacang yang Belum Diketahui

Berikut enam manfaat konsumsi kacang sehari-hari untuk kesehatan dan kecantikan yang belum diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Kacang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat. Selain memiliki cita rasa yang lezat, kacang juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Meski Anda mengonsumsi kacang secara terus-menerus, hal itu tidak akan menambah lemak di dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa kacang menjadi menu favorit para wanita yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, kacang juga mengandung banyak vitamin yang menambah semangat dan motivasi dalam menjalani hari. Anda dapat melakukan diet dengan makanan yang tetap lezat, yaitu kacang dengan tambahan bumbu barberque atau pedas manis. Semuanya tergantung selera.

Berikut enam manfaat mengonsumsi kacang setiap hari yang belum Anda ketahui, seperti yang dilansir dari situs Littlethings, Senin (21/8/2017).

1. Kaya serat

Mengonsumsi kacang baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung banyak serat. Serat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak nutrisi dan membuang yang tidak perlu. Serat juga membuat buang air besar Anda jadi lebih teratur.

2. Rendah Lemak

Kacang panggang merupakan salah satu camilan yang sehat dan tidak membuat Anda khawatir akan berat badan. Hal ini karena kacang merupakan makanan yang lezat dan rendah lemak. Kacang masih mengandung lemak, tetapi lemak yang memberikan Anda protein lebih.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencegah kanker

3. Sumber protein yang baik

Saat melakukan diet akan sulit memilih protein yang tidak membuat berat badan Anda bertambah. Kacang menjadi pilihan yang tepat dikonsumsi saat diet karena merupakan sumber protein yang baik dan bebas lemak jenuh.

4. Mencegah kanker

Serat dalam kacang ternyata juga dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kanker. Seperti pada penelitian bahwa bakteri memakan serat dalam kacang yang menghasilkan senyawa yang dapat melindungi sel usus besar dari bahaya kanker. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung senyawa fitokimia yang sedang dipelajari dan diperkirakan memiliki manfaat anti-kanker.

3 dari 3 halaman

Cepat kenyang

5. Cepat kenyang

Ketika mengonsumsi kacang, Anda mengisi perut dengan makanan sehat, tapi tetap membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini karena kacang mengandung banyak serat larut yang mengembang di dalam perut Anda. Sari makanan dari kacang juga akan diserap dalam aliran darah, sehingga membuat Anda jauh lebih sehat.

6. Baik untuk kandungan

Kacang mengandung asam folat yang menjadi suplemen baik bagi ibu hamil. Asam folat dalam kacang dapat melindungi tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan. Bahkan jika Anda tidak hamil, asam folat juga baik untuk membuat sel-sel baru dan melindungi tubuh dari kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.