Sukses

4 Cara Mudah Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong

Liputan6.com, Jakarta Betapa sedihnya untuk mengetahui bahwa kebohongan ada di mana-mana. Bahkan ketika kita bisa berbohong kepada seseorang dan merasa menyesal, karena tentu saja dibohongi adalah hal yang tidak menyenangkan.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (21/8/2017) ada empat pola perilaku alam bawah sadar yang dilakukan seorang pembohong yang ditentukan berdasarkan analisis tekstual linguistik yang perlu Anda ketahui. Tentu saja, pola perilaku ini bisa menjadi acuan untuk Anda apakah seseorang sedang berbohong atau berkata jujur. Selain itu, ada juga metode bonus di akhir artikel yang bekerja di 99 persen untuk beberapa kasus.

1. Pembohong menghindari menyebutkan diri sendiri

Ketika pembohong mendistorsi kebenaran, mereka cenderung menghindari pembicaraan tentang diri mereka sendiri. Mereka berbicara atau menulis tentang orang lain sebagai orang ketiga, seolah menjadikan mereka sebagai ‘kambing hitam’ dan bersalah.

2. Sikap bicara pembohong ke arah yang negatif

Pembohong biasanya mengucapkan hal yang negatif karena mereka merasa tidak sadar bersalah atas kebohongan mereka sendiri. Misalnya, saat Anda dan pasangan akan janjian bertemu, jika ia berbohong, ia akan mengucapkan kata-kata negatif “Maaf aku terlambat, aku terjebak dalam kemacetan karena orang-orang bodoh itu.” Padahal, ia masih berada di rumah.

3. Penjelasan pembohong yang singkat

Seorang pembohong biasanya cenderung menjelaskan sebuah masalah secara sederhana dan singkat karena otak mereka menolak untuk memikirkan kebohongan yang rumit. Penghakiman atau evaluasi adalah hal kompleks yang sulit untuk dihitung.

4. Pembohong menggunakan kata-kata yang membingungkan

Meskipun ada penjelasan sederhana, seseorang yang sedang berbohong akan menggunakan struktur kalimat yang rumit dan berputar-putar, memasukkan kata-kata yang berlebihan dan rincian yang tidak masuk akal.

Bonus: Mata tidak akan berbohong

Jika Anda tidak dapat melihat sinyal di atas tapi masih ragu tentang apakah Anda sedang dibohongi atau tidak, cobalah perhatikan baik-baik mata lawan bicara Anda. Ketika sedang bohong, orang akan cenderung gugup yang mengakibatkan detak jantung meningkat dan pelebaran pupil mata.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Menurut Sains, Ini Cara Lupakan Mantan Kekasih yang Mengejutkan
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Cara Menanggapi Pembohong