Sukses

6 Manfaat Lain dari Tepung Maizena yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Jika yang Anda ketahui tepung maizena dijadikan salah satu bahan untuk olahan kue, ternyata tepung maizena atau cornstarch memiliki manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram @blossom, Senin (21/8/2017) ada enam manfaat dari tepung maizena yang perlu Anda ketahui dan coba di rumah. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

 

6 corny hacks to starch your day off right! 🌽

A post shared by @blossom on

1. Mengatasi lecet
Tepung maizena dapat bermanfaat untuk mengatasi kaki yang lecet karena menggunakan sepatu baru. Caranya cukup mudah, taburi 2 sendok makan tepung maizena di sekitar sepatu bagian tumit, lalu pakailah sepatu seperti biasa.

2. Membuat tampilan kuteks matte
Bosan dengan kuteks yang hasilnya glossy? Anda bisa membuatnya jadi matte dengan menggunakan tepung maizena. Campurkan ¼ sendok teh tepung maizena dengan sedikit kuteks favorit Anda. Aplikasikan pada kuku dan lihat hasil akhirnya, yaitu kuteks matte yang cantik.

3. Membersihkan sisa minyak yang tumpah
Jika Anda mengalami minyak goreng yang tumpah di atas meja, jangan langsung membersihkannya dengan kain lap. Sebaiknya taburi tumpahan minyak dengan menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan residu. Kemudian, bersihkan menggunakan kain lap kering.

4. Mencegah rambut lepek
Ternyata, tepung maizena juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut lepek. Caranya, masukkan 4 sendok makan tepung maizena dengan beberapa tetes minyak esensial rosemary, aduk rata dan simpan dalam wadah. Aplikasikan pada rambut dan lihat hasilnya, rambut akan lebih bervolume.

5. Menghilangkan debu pada gelas
Gelas yang disimpan terlalu lama di dalam lemari, terkadang bisa menimbulkan noda debu yang sulit hilang. Namun, Anda bisa menggunakan tepung maizena untuk menghilangkannya. Campurkan cuka dan tepung maizena, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Gelas Anda akan terlihat bersih kembali.

6. Menghilangkan noda terbakar setrika
Mungkin Anda pernah mengalami baju yang disetrika tak sengaja terbakar karena setrika yang terlalu panas. Coba hilangkan nodanya dengan menggunakan tepung maizena. Caranya basahi baju yang terkena noda setrikaan, lalu taburi dengan tepung maizena. Biarkan mengering dan bersihkan menggunakan sikat lembut.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kulit Biji Alpukat Ternyata Ampuh Obati Sakit Jantung dan Kanker
Artikel Selanjutnya
Jus Jeruk Bisa Dijadikan Pemanis Buatan Pengganti Gula