Sukses

Menertawakan Kota yang Serba Instan di Pameran “Igor: NYAAMM!!”

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia kini makin melek seni. Seiring dengan makin banyaknya pameran seni, perkembangan teknologi informasi juga makin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tentang seni. Salah satunya Senimart, sebuah platform online yang menghubungkan seniman dengan penikmat seni, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengenal lebih dekat, mengapresiasi karya seni, dan membeli karya-karya dari seniman favorit.

Untuk memulai kiprahnya di dunia seni, Senimart akan menggelar pameran tunggal Alam Taslim bertajuk “Igor: NYAMM!!”.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (18/8/2017), Alam Taslim merupakan seniman asal Surabaya yang banyak berkecipung di dunia desain dan ilustrasi. Lulusan Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini sempat bekerja sebagai Art Director di berbagai agensi iklan lokal dan internasional di Jakarta selama 10 tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk mendalami karier sebagai seniman secara total.  

Berangkat dari kecintaannya akan mi instan yang pernah membuatnya jatuh sakit karena konsumsi yang berlebihan, lahirlah monster Igor. Igor yang merupakan akronim dari Indomie Goreng, merupakan sosok ilustrasi surealis yang sejak tahun 2015 telah menjadi penanda identitas dan ciri khas Alam Taslim dalam karya-karya seni rupanya, yang telah membawanya pada berbagai pameran tunggal dan kolektif di Jakarta, Jogjakarta, Bali, dan Singapura. Dan di tengah-tengah kesibukannya, seniman yang juga kini menjabat sebagai freelance manager CushCush Gallery Denpasar Bali ini bertemu dengan tim Senimart untuk berbagi visi dan menggaet tim Senimart untuk merencanakan, mengkurasi, dan mengorganisir pameran tunggal ketiganya ini.

Pameran “Igor: NYAAMM!!” bermaksud mengangkat berbagai wacana yang merupakan hasil pemikiran Alam Taslim mengenai keseharian masyarakat metropolitan yang serba instan. Beragam sindiran dan tertawaan akan kultur “serba cepat” yang berasal dari pengalaman pribadinya tertuang dalam karya-karya ilustrasi dan instalasinya yang bernuansa jenaka. Pameran ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus hingga 9 Septermber 2017 di Paviliun 28, Jakarta Selatan dengan menampilkan lebih dari 20 karya lukis, ilustrasi, dan instalasi.

Melalui pameran “Igor: NYAAMM!!” Alam Taslim ingin berdialog dan berbagi dengan para penikmat seni rupa melalui wacana artistiknya, dengan harapan untuk dapat saling menginspirasi, mengapresiasi, mengkritisi, dan merenungi makna hidup masing-masing.

Bintang Gemilang selaku kurator pameran ini mengatakan, Alam Taslim ingin menyampaikan gagasan keseharian metropolitan yang serba instan. Mulai dari makanan, pamer kemewahan di media sosial, ingin tampil memukau dengan filter kamera, hingga mencari pasangan secepat menekan satu dua tombol. Ini sebuah manifestasi akan satu generasi yang ingin bermandikan penyedap rasa demi tampil lebih lezat.

“Igor adalah sosok jenaka, miris, dan ngawur, sama seperti generasi metropolitan yang dimilikinya,” ungkap Bintang.

Simak juga video menanrik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Tak Ada Motor Menyerobot, Trotoar di Kota Ini Jadi Media Lukis
Artikel Selanjutnya
Destinasi Modern Wonders Sekitar Bandung yang Perlu Anda Kunjungi