Sukses

Pose Jokowi-JK Mejeng Bareng Mantan Presiden Pakai Baju Adat

Liputan6.com, Jakarta Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka tahun ini menjadi sangat spesial. Selain Presiden dan Wakil Presiden beserta jajaran menteri dan pembantu kabinet mengenakan pakaian adat, upacara tahun ini menjadi spesial lantaran semua mantan presiden hadir, mulai dari BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri, hingga Soesilo Bambang Yudhoyono.

Pantauan tim Liputan6.com di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017), para mantan presiden berkesempatan foto bersama dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Merdeka. BJ Habibie terlihat gagah dengan balutan pakaian adat Bugis lengkap dengan penutup kepala berwarna emas.

Sementara Megawati tampak anggun dengan balutan baju kurung dan kain batik motif pesisiran. Tak mau ketinggalan, Soesilo Bambang Yudhoyono yang datang bersama Ani Yudhoyono terlihat mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan. Tak lupa, kain songket bermotif emas disematkan, membuat penampilannya tampak menawan.

“Sebuah peringatan yang meriah dan menunjukkan kebesaran Indonesia. Saya sendiri, Ibu Negara dan Wakil Presiden, tiga mantan Presiden RI seperti di foto ini, juga para tamu undangan kompak mengenakan pakaian tradisional," ungkap Presiden Joko Widodo dalam akun Facebooknya. 

Berbeda dengan upacara Hari Kemerdekaan RI pada tahun tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Presiden Jokowi membuat kejutan dengan mewajibkan semua tamu undangan untuk datang mengenakan pakaian adat Nusantara.

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Berbaju Batik, Jokowi Hadiri Rakernas III Projo