Sukses

Mengenal Tarian Jejer Kembang Menur, Pembuka Kirab HUT ke-72 RI

Ada pemandangan spesial saat kirab persiapan upacara Dirgahayu Kemerdekaan ke 72 RI, yaitu tarian massal Jejer Kembang Menur.

Liputan6.com, Jakarta Ada pemandangan spesial saat kirab persiapan upacara Dirgahayu Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta. Ratusan penari menyuguhkan pementasan tarian massal Jejer Kembang Menur dari Banyuwangi.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com langsung dari Istana Negara, Kamis (17/8/2017), Jejer Kembang Menur merupakan tarian massal yang menggambarkan keceriaan gadis-gadis bagaikan kuntum kembang yang sedang bermekaran.

Para penari terlihat berdendang dan menari saling menggoda dan penuh keceriaan. Tarian ini biasanya diiringi oleh suara gamelan. Uniknya, para pemain gamelan haruslah mereka yang masih lancing atau perjaka. Dari sisi koreografi, ciri dari gerakan tarian Jejer Kembang Menur adalah dinamisasi gerakan yang kompak, di sinilah tingkat kesulitannya karena dibawakan dalam kelompok yang besar.

Dalam kebudayaan masyarakat Banyuwangi, Tari Jejer Kembang Menur biasanya digunakan sebagai pembuka sebuah acara atau pertunjukan yang melibatkan banyak orang.

Selain tarian massal, pembukaan kirab juga dimeriahkan oleh kelompok marchingband dari TK Kinderfield Jakarta, yang merupakan juara pertama kejuaraan marchingband piala presiden 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.