Sukses

Cara yang Tepat Membangun Bisnis Fashion Secara Online

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui, saat ini semua orang telah beralih ke dalam dunia digital atau online, termasuk bisnis fashion. Tidak hanya offline store, banyak pendiri label atau desainer yang mulai menjajakan produknya melalui online.

Salah satu label lokal yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan memulai bisnisnya secara online adalah Day & Night. Day & Night pertama kali dibentuk oleh Yelly Lumentu, seorang alumni dari LPM (Lomba Perancang Mode) sejak tahun 2012.

Day & Night terkenal dengan ciri khasnya yang selalu mengeluarkan produk berwarna hitam dan putih. Dalam kesempatan peringatan ulang tahun Sparks Fashion Academy yang keempat tersebut, Yelly bercerita bahwa pada awalnya, ia sama sekali tidak mempersiapkan apapun untuk memulai bisnisnya.

"Tidak heran jika tantangan yang saya temui seiring berjalannya waktu, banyak sekali," ungkap Yelly ketika ditemui di kampus baru Sparks Fashion Academy, Jl. Ahmad Dahlan no. 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Empat hal utama yang harus dipikirkan matang-matang ketika akan memulai bisnis fashion melalui online adalah produk, pelanggan, kompetitor, dan kesempatan.
"Ketika membeli barang secara online, satu hal yang harus benar-benar dijaga adalah kepercayaan pelanggan. Itu bisa didapat dari kualitas barang packaging, karena mereka nggak bisa melihat barang itu sebelumnya," ujar Yelly.

Selain itu, Yelly juga membeberkan bahwa untuk menjalani bisnis online, Anda harus memahami waktu-waktu utama di mana para pelanggan sedang berkutat dengan ponselnya. Di hari ulang tahun yang keempat ini, Sparks Fashion Academy juga menghadirkan Billy Tjong, seorang fashion designer Indonesia untuk berbicara tentang Fashion Authenticity.

"Seorang desainer fashion itu harus memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga orang yang mau membeli barangnya sudah tahu kalo produk itu adalah rancangannya," papar Billy Tjong.

Billy Tjong menegaskan bahwa seorang fashion designer harus membuat karya yang orisinil agar tidak berakhir sebagai seorang plagiator. Tidak hanya menghadirkan Yelly Lumentu dan Billy Tjong di Workshop Classes saja, namun Sparks Fashion Academy juga bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week (JFW) dan Lomba Perancang Mode (LPM) untuk mencari bakat baru di industri fashion tanah air.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Lewat Kegiatan Ini Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Bisnisnya
Artikel Selanjutnya
Ubah Keterampilan Jadi Peluang Bisnis