Sukses

Rayakan Kemerdekaan, Desainer Indonesia Luncurkan Koleksi Batik

Liputan6.com, Jakarta Tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Dalam memperingati dan membangkitkan rasa nasionalisme terhadap Indonesia, beberapa desainer Indonesia menggunakan batik sebagai tren fashion untuk koleksi terbaru mereka. Dengan fashion show yang bertemakan "PUSPA'', New Playground Dept. Store Lippo Mall Kemang berkolaborasi dengan beberapa desainer Indonesia.

Rasa kecintaan terhadap Indonesia juga dapat direpresentasikan dengan fashion. Hal inilah yang membuat Agnes L. Budhisurya, Mira Amahorseya, Sari Ramdani, dan Rasyid Salim meluncurkan desain terbaru mereka, dengan menggunakan batik sebagai bahan dasar produk mereka. Sebanyak 40 look yang ditampilkan di New Playground Dept. Store Lippo Mall Kemang, Selasa (15/8/2017).

Sejumlah dress, blouse, dan rok dengan motif bunga sepatu berwarna merah, mewarnai koleksi Agnes L. Budhisurya kali ini. Agnes mengaku koleksi ini terinspirasi dari Bunga Sepatu dan corak hitam putih yang populer di Bali. Berbeda dengan Sari dan Mira, dua sahabat ini merancang busana ready to wear dengan tema Batik Malam 200.

Ide Tema Batik Malam 200 ini berasal dari harga yang dipatok oleh Mira dan Sari, "Untuk mengapresiasi batik dan melestarikannya, saya dan Mira menggunakan bahan dan cat di bawah harga 200 ribu. Karena sekarang banyak batik printing, bukan batik asli yang dibuat manual oleh para pengrajin" ujar Sari. Kedua sahabat ini, ingin membangkitkan eksistensi dari pengrajin batik.

Sama halnya dengan Rasyid Salim yang menggunakan tenun Makassar. Untuk koleksi terbaru Rasyid ia mengeluarkan jumpsuit dan outerwear. Alasannya menggunakan tenun Makassar adalah motifnya yang unik dan warnanya yang terang. Dengan tema classic elegant, Rasyid membuat 8 koleksi yang masing-masing busana terdiri dari 4 sampai 5 warna.

Harapan dari para desainer Indonesia adalah fashion Indonesia akan semakin terkenal dan makin kreatif. Apalagi dengan mencintai produk Indonesia seperti batik, secara tidak langsung Anda melestarikan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: