Sukses

Akhir Pekan Ini, Ratusan Layang-Layang Hiasi Langit Surabaya

Liputan6.com, Surabaya Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga, Surabaya bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya. Pasalnya, Kota Pahlawan selalu menyajikan beragam atraksi wisata menarik pada bulan Agustus. Setelah minggu kemarin sukses menyelenggarakan Surabaya Half Marathon 2017, akhir pekan ini Surabaya menjadi tuan rumah gelaran Festival Layang-Layang bertaraf internasional (Surabaya International Kite Festival 2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Widodo Suryantoro, mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya sudah beberapa kali menggelar festival layang-layang. Untuk tahun 2017 ini, ratusan peserta dari dalam dan luar negeri akan ikut menyemarakkan Festival Layang-Layang Internasional yang digelar di Side Area Long Beach Timur Pakuwon City.

“Rencananya Ibu Wali Kota akan hadir membuka festival layang-layang ini,” tutur Widodo, Selasa (15/8/2017).

Lebih jauh dirinya menjelaskan, festival layang-layang ini berskala internasional karena diikuti oleh peserta dari luar negeri. Peserta merupakan klub layang-layang yang berasal dari berbagai negara. Di antaranya peserta dari Malaysia yang berasal dari Kuala Lumpur, Johor, dan Malaka. Kemudian dari Xiamen (Tiongkok), Hong Kong, Singapura, dan Thailand.

“Ada juga peserta dari Eropa. Salah satunya dari Swedia,” kata Widodo.

Selain dari luar negeri, peserta juga datang dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya dari Jakarta ada lima klub, dari Yogyakarta ada tiga klub, lalu dari Jawa Barat yakni dari Bandung dan Depok ada tiga klub. Lalu dari Jawa Tengah ada 11 klub yang berasal dari Solo, Cilacap, Kebumen. Selain itu, dari Jawa Timur ada 13 klub yang berasal dari Ponorogo, Tuban, Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya.

“Ada juga dari Bali dan Makassar. Total jumlah participant ada 120 orang,” ucap Widodo.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya ini menuturkan, agenda ini penting sebagai bagian upaya untuk melestarikan budaya bangsa, serta meningkatkan apresiasi masyarakat kepada layang-layang.

“Selain itu, tentunya memberikan hiburan kepada masyarakat untuk menyemarakkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Karenanya, silakan warga untuk hadir meramaikan kegiatan ini,” ujar Widodo.

Bahkan, para penonton tidak hanya disuguhi aneka layang-layang hias dengan ragam kreasi. Masyarakat berkesempatan untuk belajar membuat layang-layang hias.

“Nantinya juga akan ada pemberian keterampilan dan pelatihan membuat layang-layang,” ucap Widodo.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.