Sukses

Agar Film Dokumenter Lebih Maju, Ini PR untuk Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta Film dokumenter kini memiliki berbagai penggemar dari kalangan tua hingga muda di Indonesia. Bahkan berbagai kisah yang ditampilkan oleh sineas dokumenter muda, sudah mampu tampil di kancah dunia. Namun pertumbuhan ini harus diiringi oleh dukungan besar pemerintah, agar produksi film dokumenter terus berjalan.

“Perkembangan dokumenter hingga saat ini cukup baik, kita melihat film dokumenter Indonesia berhasil tampil di Yamagata International Documentary Festival. Beberapa film dokumenter Indonesia juga berhasil ditampilkan di luar negeri,” ungkap ungkap Amalia Hapsari, Direktur Program In-Docs, di @Amerika pada Senin (14/8/2017).

Namun nasib karya film dokumenter tidak selaras dengan para sineasnya. Hal yang kontras terjadi ketika mereka harus berusaha mencari dana sendiri, untuk menciptakan karya dokumenternya. Keadaan ini makin diperparah kebiasaan para sineas yang terlalu idealis dalam membuat karyanya, sehingga proses produksinya tidak dapat diukur.

Keadaan ini haruslah disiasati dengan berbagai strategi yang dilakukan oleh para sineas dan pemerintah. Mulai dari memberikan anggaran yang memadai bagi karya-karya yang baik untuk dikembangkan, hingga memberikan wadah agar para sineas dapat berdialog dengan para decision maker. Sehingga para sineas dapat mendapatkan masukan yang baik, agar ide-ide besar mereka dapat tampil melalui film dokumenter.

“Saya berharap spotlight untuk film dokumenter Indonesia dan masa depan yang lebih cerah,” tutup Amalia.

Artikel Selanjutnya
Jokowi: Negara dengan Ketahanan Pangan Kuat, Ambil Kendali Dunia
Artikel Selanjutnya
Yuk, Rangkul Kebaikan Demi Pendidikan Anak Indonesia!