Sukses

Tak Kalah dari Mobil, Belanda Buka Gedung Parkir Sepeda Canggih

Bila di Jakarta parkir mobil menjadi salah satu kebutuhan, berbeda dengan Belanda yang kini sudah membuka gedung parkir sepeda yang canggih.

Liputan6.com, Jakarta Bila di Jakarta parkir mobil menjadi salah satu kebutuhan, berbeda dengan Belanda yang kini sudah membuka gedung parkir sepeda yang canggih. Proyek yang akan selesai pada 2018 ini, nantinya akan mampu menampung 12 ribu sepeda. Seperti yang dirilis oleh inhabitat.com, Kamis (17/8/2017).

Gedung parkir sepeda yang ada di Stasiun Pusat Utrecht ini, akan menjadi yang paling besar di dunia. Layaknya sebuah parkir mobil, seluruh jalur didesain khusus demi kenyamanan pengendara sepeda. Bahkan gedung parkir ini dilengkapi dengan kunci dan rak bertingkat, yang meningkatkan efisiensi ruang parkir.

Faktanya, sebagai negara yang menggunakan sepeda lebih banyak daripada mobil, Belanda membutuhkan infrastruktur baru untuk mendukung kebiasaan ini. Dengan jumlah pengguna sepeda seperempat dari total penduduk, gedung parkir ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat. Tentunya hal ini juga mendukung modernisasi infrastruktur sepeda yang masih peninggalan tahun 1980an.



Gedung parkir sepeda juga direncanakan akan dibangun di beberapa tempat di Belanda, untuk mendukung kebiasaan bersepeda masyarakat. Tentunya 40 persen komuter yang menggunakan sepeda di Stasiun Utrecht akan gembira, menunggu perkembangan modern ini. Apakah Jakarta akan memiliki gedung parkir seperti ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.