Sukses

Masak Bareng Berbagai Olahan Singkong yang Nikmat

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki beragam pangan lokal yang bisa dijadikan bermacam-macam menu makanan lezat. Selain nasi, makanan lain seperti ubi, singkong, dan jagung bisa dijadikan makanan pokok sehari-hari yang setara mengenyangkan dengan nasi.

Pada Senin (14/8/2017), tim Liputan6.com berkesempatan untuk mengikuti kegiatan masak bareng bersama Cookpad Indonesia dengan mencoba memasak berbagai olahan makanan yang terbuat dari singkong. Mulai dari singkong hingga daunnya pun dapat diolah menjadi menu makanan nikmat.

Kali ini, tim Cookpad Indonesia mengajak memasak tiga menu makanan khas Indonesia, yaitu buntil daun singkong, pepes ikan kembung daun singkong, serta combro dan misro sebagai camilan.

Menu yang pertama dimasak adalah buntil daun singkong. Jika biasanya buntil terbuat dari daun talas, kini diganti jadi daun singkong. Namun, tetap tidak mengubah cita rasa buntil dengan isi kelapa dan ikan teri serta kuah santan yang gurih.

Lalu, menu yang kedua adalah ikan kembung daun singkong. Cara membuatnya pun cukup mudah, ikan kembung yang sudah dibersihkan, dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kunyit, cabai, daun serai, garam, gula, dan daun jeruk. Kemudian ditambahkan dengan daun singkong dan kemangi agar harum. Balut dengan daun pisang. Rasanya? Tentu saja nikmat.

Kemudian menu yang terakhir, camilan yang terbuat dari singkong, yaitu combro dan misro. Singkong yang sudah diparut halus, dicampur dengan kelapa parut dan diberi isian oncom dengan cabai untuk combro. Sementara, isian gula merah yang manis dan gurih untuk misro.

Ada tips dari guru masak Cookpad Indonesia untuk Anda saat sedang mengolah daun singkong. Agar tak berubah warna dan tetap terlihat segar, Anda bisa menambahkan baking soda pada daun singkong yang sedang dimasak.

Bagi Anda yang hobi memasak, bisa juga mengikuti kompetisi memasak olahan pangan lokal dengan mencoba resep dan membagikannya di Cookpad Indonesia. Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba