Sukses

Rayakan HUT RI Ke-72 dengan Hari Belanja Diskon Indonesia

Meriahkan HUT RI Ke-72, Mendag-Menpar Luncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Ssttt... mau diskon barang-barang branded? Tidak harus menunggu Lebaran dan akhir tahun! Pada Selasa (15/8/2017), Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, bakal membuka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Acara tersebut digelar untuk memeriahkan Dirgahayu Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yang jatuh di bulan Agustus. Pekan diskon ini diprakarsai oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Tentu, dengan menggandeng Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata RI.

HBDI sendiri terbagi dalam dua konsep acara. Pertama, HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia mulai 17-20 Agustus 2017. Kedua, HBDIF yang diadakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, mulai 15-27 Agustus 2017.

Usai peresmian, acara akan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran. Di sana, sudah ada sejumlah booth UMKM dan gerai-gerai ritel lainnya. Bagi yang belum sempat ke Jember untuk menyaksikan #PesonaJFC2017 #PesonaKarnavalJember, silakan datang ke JIEXPO, di sana ada beberapa kostum yang heboh di media sosial pada 10-13 Agustus lalu.

Menpar Arief Yahya, yang sempat mendampingi Presiden Joko Widodo di Jember, mengatakan bahwa belanja dan kuliner adalah salah satu wisata yang paling banyak diminati. Dari 60 persen portofolio bisnis pariwisata di bidang budaya, 45 persennya adalah wisata kuliner dan fesyen, yang identik dengan belanja.

HBDI diharapkan mampu menjadi event ritel baru berskala nasional di Indonesia dan menjadi festival ritel tahunan terbesar di negeri ini. HBDI juga diwarnai oleh beragam acara, antara lain musik, hiburan, peragaan busana, talkshow, dan masih banyak lagi.

"Selamat berbelanja di HUT RI ke-72," ujar Arief.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengatakan bahwa HBDI merupakan hadiah istimewa dari HIPPINDO untuk masyarakat Indonesia dalam merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Acara ini bertujuan untuk menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus. HBDI adalah bentuk dukungan HIPPINDO kepada pemerintah.

“Melalui event ini, kami juga memberikan kesempatan kepada peritel dan produsen dalam negeri untuk meningkatkan penjualan produk lokal,” ucap dia.

Ketua Panitia HBDI, Fetty Kwartati, menjelaskan bahwa HBDI diharapkan akan menjadi acara belanja offline ikonik di Indonesia yang akan menarik baik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Acara ini juga turut mempromosikan Indonesia, bukan hanya sebagai tempat tujuan wisata alam dan budaya, melainkan juga sebagai salah satu negara tujuan wisata belanja dan kuliner.

Berbagai penawaran khusus pun diberikan oleh para peserta HBDI untuk para pengunjung.

"Mulai diskon hingga 72%, shop till you drop atau clearance sale yang memberikan diskon lebih, shopping rally, hingga program happy hour di hari kerja," kata Fetty.

HBDI lebih dari sekadar wahana belanja dengan menghadirkan beragam aktivitas yang atraktif, interaktif, dan edukatif. Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang kembali hadir pada 17 Agustus 2017, serta penampilan khusus dari grup musik GAC pada 19 Agustus 2017 dan NIDJI pada 26 Agustus 2017.

Selain itu, untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2017, HIPPINDO menggelar sejumlah perlombaan khas tujuh belasan seperti lomba makan kerupuk, memindahkan kelereng dengan sendok, dan joget balon yang diawali dengan upacara bendera di pagi harinya.

Tidak hanya menyajikan hiburan, HIPPINDO juga melakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Jakarta dan mengajak pengunjung untuk melakukan donor darah pada 19 Agustus 2017, serta melakukan program bakti sosial setelah acara usai.

Dukungan positif mengalir dari berbagai pihak, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, pemerintah daerah DKI Jakarta, serta Bank Mandiri sebagai sponsor utama.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini