Sukses

6 Cara Efektif Dihargai di Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya ingin dihargai oleh orang lain, maupun lingkungan sekitarnya. Untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain, kita juga harus menerapkan hal yang baik juga. Namun tidak semua usaha yang telah Anda lakukan berbuah baik di tempat kerja, simak enam cara tepat untuk dihargai oleh rekan kerja Anda, seperti yang dilansir dari Youqueen.com, Selasa (15/8/2017).

1. Berpenampilan Sepantasnya
Apa yang dikenakan sehari-hari, merepresentasikan diri Anda. Berpakaianlah yang sepantasnya, sesuai dengan tata tertib di tempat kerja. Pakaian yang terlalu ketat atau tembus pandang akan membuat orang lain tidak nyaman. Menggunakan pakaian yang terlalu santai juga menambah kesan tidak mempedulikan sekeliling Anda.

2. Kerapihan
Tidak ada salahnya menata meja kerja Anda agar terlihat lebih rapi. Selain itu, teman kerja juga akan memberikan nilai lebih kepada Anda bila melihat ruangan kerja terlihat terorganisir dan nyaman. Meja yang berantakan dan sampah yang berserakan, akan berdampak pada lingkungan sosial Anda.

3. Mengetahui Batasan
Dalam dunia pekerjaan, Anda diharuskan bisa cepat beradaptasi terhadap lingkungan kantor. Cepat beradaptasi bukan berarti Anda memperlakukan semua orang dengan sama. Jangan memperlakukan atasan Anda, seperti menganggapnya rekan kerja. Cobalah dapat membedakan mana waktu yang tepat untuk membicarakan hal pribadi atau tentang pekerjaan.

4. Bertindak Profesional
Tidak setiap saat Anda merasakan hal yang menyenangkan, di dunia kerja. Sering kali kita merasakan stres yang diakibatkan pekerjaan maupun masalah pribadi. Sebagai karyawan, Anda dituntut dapat berlaku profesional. Jangan sampai masalah pribadi berdampak pada kinerja kerja Anda.

5. Jangan Mengeluh
Pekerjaan Anda mungkin sangat melelahkan tetapi, mengeluh bukanlah solusi yang tepat. Apalagi Anda mengeluh di depan teman kantor Anda, cobalah untuk tidak menyampaikan hal yang membuat orang lain tidak nyaman.

6. Hindari Bergosip
Janganlah membicarakan keburukan orang lain di depan rekan kerja. Mungkin mereka akan mengiyakan perkataan Anda tetapi, bisa jadi mereka akan menilai Anda dengan buruk. Walaupun Anda menghadapi orang yang tidak menyenangkan, cobalah untuk tidak membicarakannya dengan orang lain. Ada baiknya, Anda mendekatkan diri pada teman yang dapat diandalkan dan dipercaya.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Hanya 7 Persen Pekerja yang Merasa Produktif Saat Jam Kerja
Artikel Selanjutnya
Tips Menaikkan Produktivitas Para Miliarder yang Bisa Anda Tiru