Sukses

Makin Nikmat Masak Ikan dengan Tips Dari Chef Vindex Tengker

Liputan6.com, Jakarta Menjadi negara maritim, membuat ikan menjadi salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan di mana-mana. Tentunya ribuan sajian Ikan dimiliki oleh Indonesia, untuk disajikan di meja makan. Lalu apa yang harus diperhatikan sebelum masak ikan? Inilah beberapa tips dari Chef Vindex Tengker pada Lomba Masak Ikan Nusantara, akhir pekan lalu. 

Menghindari ikan amis
Rasa amis pada ikan merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan proses pembusukan ikan yang terjadi, setelah ikan mati. Untuk menghindarinya, pilihlah ikan segar sehingga rasa amis berkurang, atau simpan ikan dalam kulkas agar tahan lama.

“Pilihlah ikan yang baik, karena amis itu natural. Pilih yang fresh jadi rasa amis berkurang,” ungkap Chef Vindex Tengker.

Menyimpan dalam kulkas
Ikan akan lebih tahan lama dimasukkan dalam kulkas. Namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengemasnya dengan benar. Supaya ikan mudah dikeluarkan dan dimasak dengan cepat, usahakan bungkus ikan dalam kemasan kecil. Sehingga tidak perlu repot mencairkan es, yang sudah membuat ikan beku.

Menghilangkan amis ikan saat memasak
Salah satu proses menghilangkan rasa amis pada ikan, adalah menggunakan bumbu masak. Berbagai jenis bumbu hadir dalam resep ikan di Indonesia, mulai dari bumbu kuning, hingga diungkep dengan daun mengkudu. Cara-cara ini membantu ikan lebih segar saat disantap.

Artikel Selanjutnya
Jangan Lupa Lakukan Ini Agar Sate Kambing Makin Lembut dan Lezat
Artikel Selanjutnya
3 Cara Unik Menikmati Nasi Lemak yang Lezat