Sukses

Masak Ikan Anti Amis dari Juara Lomba Masak Ikan Nusantara

Bagaimana cara para juara mengolah Ikan supaya tidak amis ketika disantap? Inilah tips dari juara Lomba Masak Ikan Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Masak Ikan menjadi tugas besar dari peserta Lomba Masak Ikan Nusantara, yang sudah menentukan juaranya pada Jumat, (11/8/2017). Namun, bahan yang menjadi momok para ibu di rumah ini, bisa dikelola dengan baik sehingga tidak berbau amis. Lalu apa tips dari para Juara Lomba Masak Ikan Nusantara ini?

Juara 3, Narti Buo asal Gorontalo, dengan sajian Ikan Santan Goroho, membagikan tips menggunakan air jeruk untuk membuat ikan tidak amis. Air jeruk nantinya diperas dan dilumuri ke seluruh bagian ikan, mulai dari luar hingga dalam. Ikan, Cara ini juga ia terapkan dalam final Lomba Masak Ikan Nusantara.

Juara 2, Ruben Jeremia, perwakilan Jakarta yang menyajikan Gabus Pucung Sambel Pete, juga menggunakan teknik yang sama. Selain itu ia juga menambahkan asam jawa dalam ramuan anti amis ini.Beberapa pilihan lainnya adalah sereh dan daun kecombrang, yang dihaluskan dan dibalur ke seluruh bagian ikan.

Sedangkan sang juara pertama Lomba Masak Ikan Nusantara jatuh pada Abdul Kadir dari Pontianak dengan Botok Ikan Masak Putih, menggunakan cara lain. Ia mengombinasikan daun mengkudu yang sudah dipotong tipis dan dibalurkan di seluruh tubuh ikan. Pahitnya daun mengkudu, dapat menghilangkan rasa amis pada ikan sebelum diolah.

Tentunya cara-cara dari para juara Lomba Masak Ikan Nusantara ini, dapat diaplikasikan pada jenis masakan apa saja. Sehingga ikan dapat lebih nikmat dikonsumsi dan disukai oleh keluarga. Apakah Anda siap mencoba cara ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.