Sukses

Akan Pensiun? Persiapkan Hal Berikut agar Hari Tua Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Persiapan untuk masa pensiun lazimnya sudah dilakukan sejak dini, misalnya dengan memiliki tabungan pensiun dan berinvestasi. Kalau sudah melakukan persiapan matang, tentunya lebih tenang ketika saat pensiun tiba.

Namun ada juga persiapan yang harus dilakukan ketika masa pensiun sudah di depan mata. Menurut DuitPintar.com, berikut ini beberapa hal yang harus kita lakukan.

1. Lunasi semua utang
Utang akan menjadi beban yang bertambah berat ketika sudah pensiun. Saat masih bekerja, kita masih mendapat penghasilan rutin untuk bayar cicilan.
Namun, saat pensiun tiba, kita tidak bisa lagi mengandalkan gaji bulanan. Keuangan harus benar-benar dikontrol agar tidak kebobolan. Daripada menanggung risiko bobol karena hutang, lebih baik upayakan sebelum pensiun.

2. Tutup kartu kredit yang tidak dibutuhkan
Bila punya lebih dari satu kartu kredit, tentukan mana yang paling dibutuhkan.
Memang, punya kartu kredit lebih dari satu bukan hal buruk. Namun kelak saat pensiun, hal ini sangat riskan. Bagaimana jika tergoda bertransaksi dengan dua atau tiga kartu kredit dan akhirnya pusing saat tagihan datang?

3. Monetisasi aset
Aset yang tidak terpakai dijadikan uang saja. Misalnya peralatan elektronik atau furnitur yang sudah tidak digunakan. Aset menganggur, seperti tanah atau rumah pun harus dimaksimalkan, misalnya dengan menyewakan aset tersebut. Dana dari pemanfaatan aset menganggur ini bakal berguna untuk menambah kekuatan finansial kala pensiun. Selain itu, bisa membuat rumah semakin rapi karena barang tak terpakai sudah keluar.

4. Penghasilan alternatif
Pikirkan ketika pensiun, apakah cukup dari tabungan pensiun saja? Kalau tidak, harus ada penghasilan alternatif. Kita bisa merintisnya sebelum betul-betul pensiun. Misalnya dengan membuka restoran atau toko, atau mungkin bekerja paruh waktu. 
Apa pun itu, kita harus cermat memikirkan rencana mencari penghasilan alternatif ini. Apalagi jika membutuhkan modal yang lumayan besar. Salah-salah, dana pensiun bisa tersedot hingga tak bersisa.

5. Nikmati hidup
Sudah pensiun, sudah tak perlu lagi terlalu memikirkan banyak hal. Inilah saatnya menikmati hidup. Menjelang pensiun, mungkin bisa mulai menata rumah untuk mendapatkan suasana santai.
Renovasi rumah agar lebih lega, misalnya. Atau mulai berkebun bunga-bunga. Aktivitas santai ini berguna untuk kesehatan psikis, yang akhirnya bisa mengusir stres.
Masa pensiun tak bisa dihindari oleh orang-orang yang berstatus pegawai. Kita hanya bisa menyiapkan diri untuk menyongsongnya.
Jika lalai bersiap-siap, masa pensiun bisa jadi menyiksa. Terutama dalam soal finansial. Semuanya pasti mau menikmati masa paripurna ini kan, bukan menyesalinya? *

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Persiapkan Diri Menuju Pernikahan dengan 4 Komitmen Ini
Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja