Sukses

Hindari Penipuan Saat Tukar Uang di Korea Selatan dengan Cara Ini

Siapa sangka Korea Selatan juga memiliki modus penipuan dalam proses penukaran uang? Hindari dengan cara-cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan sudah menjadi tempat yang akrab didatangi turis mancanegara. Namun tetap saja berbagai aksi penipuan kerap kali terjadi di negeri gingseng ini. Salah satunya adalah penipuan saat menukar uang di Korea.

Sebagai turis, tentunya menukar uang menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan. Agar nantinya bisa membeli barang apa pun yang dibutuhkan di tempat tujuan. Namun banyak aksi penipuan yang tidak disadari dapat terjadi, salah satunya adalah penipuan dari Rate Exchange.

Rate Exchange sendiri merupakan acuan untuk menukar mata uang, yang memberikan perbandingan mata uang antar negara. Ternyata masih banyak tempat di Korea Selatan yang mempermainkan angka Rate Exchange ini, untuk memberikan kerugian kepada pelanggannya.

Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu :

Jangan Tukar Uang di Airport

Bandara Internasional Incheon, Seoul. | via: frommers.com
Menukar uang di airport akan memberikan Anda angka Rate Exchange yang buruk. Sehingga bisa saja uang yang seharusnya bisa ditukar menjadi 10 ribu won, hanya dihargai sekitar 8 ribu won saja. Tentunya hal ini akan banyak menguras uang Anda bahkan sebelum sampai ke tempat liburan.

Jangan Tukar di Tempat Turis
Tempat turis biasanya dipenuhi dengan tempat penukaran uang yang tidak resmi. Biasanya ditandai dengan tempat yang menawarkan potongan harga di depan tempat penukaran uang. Namun tempat ini tidak memiliki Rate Echange yang tetap, sehingga peluang ditipu sangat besar.

Pasar malam di Seoul, Korea Selatan selalu jadi destinasi favorit para wisatawan untuk berbelanja ataupun berwisata kuliner (shutterstock.com

Beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang harus dihindari untuk menukar uang adalah Dong Dae Mun , Myeong Dong, dan tempat turis lainnya. Akan lebih baik sudah mempersiapkan uang cukup sebelum berwisata, demi menghindari harus menukar uang mendadak di jalanan.

Pergi Ke Bank
Supaya lebih aman menukar uang, akan sangat disarankan untuk menukar uang di Bank. Dengan beragam bank yang ada di Korea Selatan, tentunya proses transaksi menjadi lebih aman. Selain itu Bank juga memiliki Rate Exchange yang bagus, sehingga tidak terjadi perbedaan besar dalam penukaran uang. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.