Sukses

Selalu Makan Ikan Setiap Hari di Istana, Apa Menu Favorit Jokowi?

Kenyataanya, hampir setiap hari Jokowi menikmati ikan dalam menu makannya. Lalu, menu apa yang jadi favorit Presiden ke-7 Indonesia ini?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kepala negara, banyak yang menyangka Presiden Jokowi memiliki selera makan ningrat. Kenyataannya, hampir setiap hari Jokowi menikmati ikan dalam menu makannya. Lalu, menu apa yang jadi favorit Presiden ke-7 Indonesia ini?

“Kebetulan Pak Presiden tidak ada pantangan, dan itu memudahkan kita mempersiapkan makanan. Jadi, setiap jenis makanan yang kita berikan selalu dinikmati tanpa protes,” ungkap Darmastuti Nugrohi, Kepala Biro Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden, pada Jumat (11/8/2017).

Darmastuti menjelaskan, makanan untuk Presiden Jokowi biasanya disajikan dalam taraf beragam dan berimbang. Bila ada ikan goreng dalam menunya, ada sup ayam sebagai pendampingnya. Jika ada ayam goreng, selalu ada sup ikan sebagai pasangannya. Seluruh makanan yang disajikan harus memenuhi higienitas, aman, dan lolos dari pemeriksaan "food security".

“Ikan pasti ada di meja makan Presiden, terutama seafood. Biasanya kita hidangkan ikan kerapu, ikan kembung, udang, cumi-cumi, semua kita hidangkan, dan beliau berkenan. Jadi setiap hari beliau makan ikan,” ujar Darmastuti.

Presiden Jokowi ternyata juga senang menjamu orang, dan mempersilakan mereka makan terlebih dahulu. Akibatnya, Presiden hanya makan sedikit dan selebihnya menemani orang makan sambil mengobrol. Darmastuti menyatakan, karena senang menjamu, Presiden pesan pada seluruh perangkat Istana, agar menyediakan makanan yang selalu enak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.