Sukses

Sulap Ikan Jadi Es Dawet Patin, Ini Resep Rahasia Ibu Endah

Tak disangka, dessert es dawet dari pindang patin ini ternyata punya rasa yang enak

Liputan6.com, Jakarta Bila ikan di goreng, panggang, dan rebus, mungkin terdengar sudah biasa di telinga. Namun bila ikan di jadikan minuman? Mungkin tidak ada orang yang menyangka. Inilah menu Es Dawet Patin, atau Es Datin kreasi dari Endang SN di Lomba Masak Ikan Nusantara.

"Ide awal cuma kemarin terpikirkannya gimana cara ikan gabus jadi kudapan, jadi puding, dan bisa enggak jadi minuman? Terpikirlah es dawet ini cocok untuk dikombinasikan dengan ikan," ungkap Endang saat Grand Final Lomba Masak Ikan Nusantara, di Kemang Village, Jumat (11/8/2017)

Tentunya percobaan untuk menyulap ikan patin menjadi sajian dessert, memiliki banyak kendala. Mulai dari cara mengombinasikan bahan, menemukan takaran, hingga memperhatian aspek penampilan. Supaya sajian Es Datin ini sedap dilihat dan nikmat di lidah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

dessert es dawet

Tidak berhenti sampai di situ, Endang juga memikirkan bagaimana caranya agar ikan patin tidak berbau tanah. Tentunya bau tanah ini menjadi musuh, ketika ikan dijadikan minuman yang manis untuk penutup makan.

"Ikan patin kan bau tanah, menghilangkannya pake daun pisang. Jadi setelah dipisahkan kulit dan tulang, dagingnya dicampur dengan daun pisang. Lalu campurkan ikan dengan tepung beras, jadi adonan cendol dan kasih daun suji untuk warna," ungkap Endang

Akhirnya setelah perjuangan melewati babak penyisihan dan masuk babak final, ibu rumah tangga yang berasal dari Batam ini memiliki harapan. Supaya sajian ini bisa membuat banyak orang tak suka makan ikan, bisa menikmatinya dengan mudah. Endang juga berharap sajian ini dapat dijadikan usaha ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.