Sukses

Sulap Ikan Jadi Es Dawet Patin, Ini Resep Rahasia Ibu Endah

Liputan6.com, Jakarta Bila ikan di goreng, panggang, dan rebus, mungkin terdengar sudah biasa di telinga. Namun bila ikan di jadikan minuman? Mungkin tidak ada orang yang menyangka. Inilah menu Es Dawet Patin, atau Es Datin kreasi dari Endang SN di Lomba Masak Ikan Nusantara.

"Ide awal cuma kemarin terpikirkannya gimana cara ikan gabus jadi kudapan, jadi puding, dan bisa enggak jadi minuman? Terpikirlah es dawet ini cocok untuk dikombinasikan dengan ikan," ungkap Endang saat Grand Final Lomba Masak Ikan Nusantara, di Kemang Village, Jumat (11/8/2017)

Tentunya percobaan untuk menyulap ikan patin menjadi sajian dessert, memiliki banyak kendala. Mulai dari cara mengombinasikan bahan, menemukan takaran, hingga memperhatian aspek penampilan. Supaya sajian Es Datin ini sedap dilihat dan nikmat di lidah.

Tidak berhenti sampai di situ, Endang juga memikirkan bagaimana caranya agar ikan patin tidak berbau tanah. Tentunya bau tanah ini menjadi musuh, ketika ikan dijadikan minuman yang manis untuk penutup makan.

"Ikan patin kan bau tanah, menghilangkannya pake daun pisang. Jadi setelah dipisahkan kulit dan tulang, dagingnya dicampur dengan daun pisang. Lalu campurkan ikan dengan tepung beras, jadi adonan cendol dan kasih daun suji untuk warna," ungkap Endang

Akhirnya setelah perjuangan melewati babak penyisihan dan masuk babak final, ibu rumah tangga yang berasal dari Batam ini memiliki harapan. Supaya sajian ini bisa membuat banyak orang tak suka makan ikan, bisa menikmatinya dengan mudah. Endang juga berharap sajian ini dapat dijadikan usaha ke depannya.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba