Sukses

Waspadai 8 Tanda Anda Sedang Dibohongi

Liputan6.com, Jakarta Robert Feldman, seorang psikolog dari University of Massachusetts memiliki kesimpulan bahwa banyak orang ber-bohong dalam kehidupannya sehari-hari agar disukai dan dianggap kompeten. Sedangkan kaum wanita berbohong untuk membuat orang lain merasa lebih baik.

Seorang pria dianggap sebagai makhluk yang tidak pernah jujur, bahkan ketik mengakui dirinya sebagai seorang pembohong. Dilansir dari huffingtonpost.com, Kamis (10/8/2017), berikut ini adalah beberapa tanda yang harus Anda waspadai ketika dibohongi. Penasaran?

1. Mereka menutup mulut
Orang sering menutup mulut ketika sedang berbohong. Sebuah tangan di mulut atau sentuhan di bibir menunjukkan bahasa tubuh di alam bawah sadar sebagai bentuk komunikasi lainnya.

Ketika berbohong, orang-orang cenderung akan menutupi bagian tubuh mereka yang rentan, seperti kepala, leher, perut, atau bagian lain yang membuat mereka merasa terpapar, rentan, dan diserang.

2. Mereka melakukan pengulangan dan memberikan terlalu banyak detail
Pembohong membenci keheningan, jadi mereka akan mencoba mengatasinya dengan berbicara lebih dari yang dibutuhkan. Mereka menyajikan informasi lebih dari yang diminta oleh lawan bicara.

Semakin lama Anda tinggal, semakin banyak rincian yang akan mereka berikan. Pem-bohong juga akan mengulangi ungkapan beberapa kali.

3. Mereka bersiap untuk kabur
Pembohong cenderung mengubah postur tubuh mereka agar santai untuk membangun kepercayaan diri atau menjaga tubuh yang sebenarnya merasa tidak nyaman dalam persiapan melarikan diri.

4. Kata-kata dan bahasa tubuh mereka tidak sesuai
Sangat mudah berbohong dengan kata-kata, namun tubuh tahu kebenarannya. Tanda yang paling jelas adalah tubuh seorang pembohong akan mengatakan sesuatu yang sama sekali berbeda dari kata-kata yang diungkapkannya.

5. Perubahan napas
Ketika berbohong, seseorang akan secara refleks bernapas terburu-buru, karena denyut nadi dan aliran darah yang meningkat. Selain itu, pembohong juga cenderung kesulitan berbicara karena selaput lendir di mulut kering.

6. Mereka mengubah pola pergerakan mata
Anda juga mengidentifikasi seseorang sedang berbohong dari perubahan pandangan matanya. Perubahan gerakan mata adalah indikator terkuat saat seseorang berbohong.

7. Mereka menjadi agresif
Pembohong akan sering bersikap agresif dalam percakapan tanpa alasan yang jelas. Selain itu, mereka akan menjaga kontak mata dari Anda, sebagai usaha untuk tampak jujur.

8. Mereka gelisah
Seseorang yang sedang berbohong akan menjadi lincah secara tiba-tiba, seperti memainkan rambut, mengetukkan kaki atau jari, dan menarik telinga. Ini merupakan ekspresi umum ketika seseorang sedang merasa gugup terkait dengan perilaku bohong.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis