Sukses

Rahasia Sehat Masyarakat Kuba yang Dapat Anda Coba

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu mungkin memiliki resep masing-masing untuk tetap sehat. Bahkan masyarakat di berbagai negara memiliki berbagai aktivitas dan kebiasaan yang mampu membuat mereka tetap sehat. Tidak terkecuali masyarakat Kuba. Meski awalnya pernah mengalami masa di mana masyarakatnya mengalami kemiskinan dan buta aksara akibat penjajahan Spanyol, namun saat ini dengan keunikan tersendiri bangsa Kuba bisa bangkit dan mandiri.

Negara Kuba pernah mengalami embargo dari Amerika Serikat sejak tahun 1960 yang membuat Kuba menjadi terisolasi, namun justru dengan keterbatasan inilah yang membuat Kuba bisa bangkit dari ketiadaan. Meskipun pada akhirnya saat pemerintahan Obama embargo Amerika Serikat atas Kuba itu dicabut. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari masyarakat yang tinggal di Karibia Utara ini, termasuk upaya mereka untuk tetap sehat. Dilansir dari laman mindbodygreen, Jumat (11/8/2017) berikut ini adalah resep yang membuat masyarakat Kuba tetap sehat.

Membatasi Minum Kopi
Berapa cangkir kopi yang Anda minum setiap harinya? Mungkin kebiasaan minum kopi ini menjadi lebih sering karena gaya hidup dan aktivitas sosial. Di tempat bekerja dengan asumsi bisa membuat Anda tidak mengantuk bisa saja Anda minum kopi lebih dari secangkir, belum lagi selepas pulang kantor entah di rumah atau di café. 

Pernahkah terpikir bahwa kafein yang diminum sudah berlebihan? Jika melihat kebiasaan minum kopi orang Kuba, mereka hanya minum satu cangkir espresso setiap harinya dengan berat kopi kurang dari 4 ons per satu cangkir. Sangat berbeda dengan kebiasaan orang Amerika yang minum kopi dalam gelas besar dan ditambah gula dengan berat kopi per gelasnya rata-rata 8 ons yang mengandung 150 miligram kafein per gelas. Jika meminum lebih dari satu gelas besar tentu jumlah kafein yang masuk dalam tubuh jadi berlebihan. Efek buruk dari terlalu banyak kafein malah akan membuat Anda menjadi lelah, bertambah stres dan bisa saja menimbulkan rasa cemas berlebihan.

Menari
Menikmati hidup, itulah yang paling dinginkan setiap orang. Masyarakat Kuba sangat tahu bagaimana caranya menikmati hidup. Menari menjadi kebiasaan yang bisa Anda lihat pada orang Kuba untuk menikmati kehidupan. Tarian dan nyanyian menjadi cara orang Kuba untuk memelihara jiwa.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Makanan Serba Organik

Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)

Masyarakat Kuba mulai melakukan revolusi hijau sejak mereka kehilangan pemasok pestisida dan bahan kimia lainnya di tahun 1990-an. Ketiadaan pasokan pestisida malah membuat masyarakat Kuba mandiri dengan menciptakan bahan anti hama dan pupuk alami untuk makanan yang mereka tanam. Makanan yang diproduksi didapatkan secara organik baik untuk produk pertanian maupun peternakan. Selain itu Orang Kuba juga membatasi memakan daging merah.

Alam Menjadi Tempat untuk Menenangkan Pikiran
Bepergian dan menikmati alam bukanlah suatu keharusan bagi orang Kuba sebagaimana masyarakat umum yang harus menjadwalkan waktu tertentu untuk pergi ke gunung atau ke pantai. Dengan kawasan yang dikelilingi pantai, mengunjungi pantai dan menikmatinya menjadi kebiasaan orang Kuba untuk menangkan pikiran.

Berobat dengan Pengobatan alternatif
Meskipun ilmu kedokteran dipelajari di sekolah kedokteran yang ada di Kuba, tetapi homeopati lebih dikenal di negara ini. Ilmu ini menjadi standar dari sistem perawatan di Kuba. Sebagian besar masyarakat Kuba berobat pada pengobatan alternatif yang mempraktekkan homeopati.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Tips Sukses Membangun Bisnis dari Nol
Artikel Selanjutnya
4 Tips Kesehatan yang Justru Membahayakan