Sukses

Hidup Kurang Semangat? Ini Cara Membangkitkan Energi Anda

Liputan6.com, Jakarta Saat tubuh dalam kondisi sehat, hati senang, segala kebutuhan tersedia, bisa jadi kita akan lebih mudah menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan dengan lapang dada. Namun kehidupan tidak selamanya terasa bersahabat. Ada kalanya kejadian menjengkelkan, tugas yang tidak terselesaikan, permasalahan yang sulit diatasi atau rekan kerja yang tidak mau bekerja sama, bisa saja kita alami.

Tidak semua keadaan itu bisa dihadapi dengan tenang. Anda akan kehabisan energi dan kehilangan semangat menghadapi semua permasalahan yang membebani. Bagaimana caranya mengembalikan energi dan menghadapi semua permasalahan dengan lebih mudah?

Menurut seorang master Reiki Kelsey Patel, setiap orang bisa memanfaatkan kekuatan sejati mereka untuk mengurangi stres, menyeimbangkan tubuh dan terhindar dari energi negatif. Anda bisa mulai membuat jurnal atau catatan untuk mengetahui posisi Anda saat ini dan belajar dari pengalaman masa lalu untuk kebaikan di masa depan. Dilansir dari laman mindbodygreen, Jumat (11/8/2017) berikut ini tips untuk mengembalikan semangat dan energi positif Anda lewat menulis jurnal.

Menuliskan Daftar Kebaikan
Daftar kebaikan adalah momen di mana energi positif anda tersalurkan. Daftar kebaikan ini merupakan catatan saat Anda mengalami perasaan terhubung dan berada pada jalur yang tepat sesuai dengan tujuan hidup Anda saat ini. Tuliskan momen seperti apa yang ingin Anda rasakan untuk tujuan yang ingin Anda raih.

Ini bisa saja berkaitan dengan kehidupan sosial, seperti hubungan dengan pasangan, keluarga, teman, masyarakat umum, atau bisa pula berkaitan dengan karier, pemanfaatan waktu luang dan banyak lagi hal baik yang ingin dicapai dalam hidup Anda.

Menuliskan Daftar Keburukan
Ini adalah daftar di mana Anda sebetulnya tidak ingin terlibat di dalamnya. Daftar keburukan ini bisa di ambil dari kebiasaaan diri sendiri atau pengalaman hidup yang membuat Anda jengkel, marah, sedih dan kehabisan energi untuk menghadapi permasalahan hidup. Daftar keburukan merupakan hal-hal yang membuat Anda jadi tidak semangat dan kehilangan motivasi dalam hidup.

Perbandingan Angka
Jika sudah menuliskan daftar kebaikan dan daftar keburukan yang terjadi dalam hidup Anda, mulailah berhitung dengan daftar yang Anda buat. Dari tiap nomor yang Anda tuliskan pada masing-masing daftar, tuliskan persentase dari tiap aktivitas, mana yang paling banyak menghabiskan energi, dan mana yang memberikan motivasi dan energi positif untuk Anda. Perlu juga perhitungkan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk setiap hal yang ada dalam daftar Anda.

Setelah melihat jurnal yang Anda buat mulailah menentukan pilihan dengan bijak, mana aktivitas negatif yang menghabiskan waktu dan energi untuk dihindari atau tidak terlibat sama sekali di dalamnya. Mulai memfokuskan pilihan untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda termotivasi. Jika Anda berkomitmen dan disiplin pada hal yang membangkitkan energi positif, maka perubahan besar untuk kehidupan yang lebih baik bisa Anda rasakan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Pengusaha? Simak 4 Tahap yang Anda Perlu Lewati