Sukses

6 Hal yang Menghambat Anda Tidur Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Menjaga kualitas tidur yang baik akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat, mencegah dari berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan fisik dan emosional seseorang. Dilansir dari The List, Jumat (11/08/2017), apabila Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik, ternyata beberapa hal berikut sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Apa saja?

1. Bra
Apabila Anda masih mengenakan bra pada malam hari, mulai sekarang cobalah untuk melepaskannya sebelum Anda beranjak tidur. Mengenakan bra sepanjang malam diyakini dapat mengganggu masalah kesehatan seperti menghalangi sirkulasi darah, mengencangkan area sekitar diafragma, memberi tekanan pada dada, menyebabkan iritasi serta meningkatkan kemungkinan berkembang biaknya jamur dan bakteri. Hal inilah yang dapat menghambat kemampuan Anda dalam mencapai tidur yang nyenyak.

2.Pakaian Ketat
Seringkali para wanita mengenakan pakaian yang ketat ketika tidur. Entah itu berupa tank top atau celana pendek ketat. Tapi tahukah Anda, ternyata mengenakan pakaian yang ketat pada saat tidur justru menimbulkan dampak negatif. Diantaranya menghambat kemampuan Anda untuk bernafas secara normal, menyebabkan infeksi dan iritasi kulit serta menghambat perkembangan melatonin, yaitu hormon yang membantu mengatur sirkulasi tidur agar tetap nyenyak sepanjang malam.

3. Makeup
Tidak hanya tubuh yang membutuhkan istirahat, kulit Anda juga perlu istirahat. Biasakan untuk membersihkan riasan sebelum tidur. Menggunakan makeup pada saat tidur akan membuat pori-pori pada wajah tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Bahkan tidak jarang makeup yang masih tersisa pada wajah akan menimbulkan iritasi dan alergi.

Misalnya saja maskara dan eyeliner yang tidak dibersihkan sebelum tidur akan membuat Anda terbangun di malam hari karena gatal yang ditimbulkan oleh kosmetik tersebut. Hal ini pastinya akan membuat tidur Anda terganggu dan tidak akan pernah nyenyak.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

4. Pakaian Dalam

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun faktanya tidur tanpa mengenakan pakaian dalam justru sangat baik bagi kesehatan. Vagina merupakan tempat yang lembap dan hangat sehingga menjadi tempat yang sangat baik bagi perkembangan bakteri terlebih pada malam hari. Vagina akan cenderung mengalami infeksi pada saat tidur.

Sebaiknya cobalah untuk tidur telanjang karena ini merupakan pilihan yang terbaik agar produksi melatonin pada tubuh meningkat. Selain itu, tidur tanpa mengenakan pakaian dapat menurunkan suhu tubuh yang telah terbukti membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur sehingga mengurangi gangguan tidur sepanjang malam.

5. Tidak Menggunakan Kaus Kaki
Selain menghangatkan, kaus kaki akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga membantu Anda untuk tertidur lebih cepat. Selain itu, menggunakan kaus kaki pada saat tidur akan membantu agar kaki terlihat lebih cantik karena berhasil mencegah kekeringan dan keretakan pada kulit.

6. Perhiasan
Apakah Anda pernah tertidur tanpa melepas anting anting atau kalung favorit Anda? Menggunakan perhiasan pada saat tidur justru membuat tubuh Anda rentan terhadap berbagai masalah kesehatan terlebih jika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap logam tertentu. Karena logam pada perhiasan akan membuat kulit terasa gatal sehingga secara tidak sadar Anda akan menggaruk hingga terbangun dan menimbulkan bekas luka pada kulit.

 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya