Sukses

Kala Suara Gamelan Bergaung Sampai Kentucky

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang terkenal dengan beragam budaya dan keramahannya. Sebagai warga negara Indonesia, memang sudah sepatutnya kita melestarikan peninggalan yang merepresentasikan Indonesia. Salah satunya seperti Muhammad Syifan Ahmadin, yang melestarikan alat musik gamelan khas Indonesia hingga ke mancanegara, seperti yang dilansir dari Vidio.com, Rabu (9/8/2017).

Sebagai salah satu warga negara Indonesia, Muhammad Syifan Ahmadin memperkenalkan gamelan Jawa kepada warga Lexington, Kentucky. Syifan berprofesi sebagai dosen di Universitas Sullivan, membantu melestarikan alat musik Indonesia kepada anak-anak Indonesia yang menetap di Lexington. Sebagai generasi kedua anak-anak Indonesia di Lexington, Syifan mengajarkan cara memainkan gamelan Jawa.

Syifan membentuk sebuah komunitas gamelan jawa yang bernama Gamelan Swara Jagad. Dengan niat baik untuk melestarikan budaya tradisional Indonesia, komunitas ini telah berdiri 11 tahun sejak tahun 2006. Syifan melatih murid-muridnya setiap minggu dan tentu saja ia tidak menemukan kesulitan dalam mengajarkan gamelan Jawa.

Salah satu muridnya, Raida mengakui tidak merasa kesulitan dalam memainkan gamelan Jawa. Raida yang baru setahun mengenal alat musik Indonesia ini mengaku sangat bangga dengan peninggalan tradisional Indonesia. Bukan hanya anak-anak saja yang mengikuti komunitas ini, mahasiswa yang kuliah di Lexington juga turut mempelajari gamelan Jawa. Komunitas ini juga pernah memperkenalkan gamelan Jawa di muka publik Amerika pada malam budaya Internasional di berbagai sekolah.

Fellisia

Simak video selengkapnya berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Eduard Khil Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Marshal, Putra Minahasa Pencipta Lagu Legendaris Dunia