Sukses

11 Manfaat Luar Biasa Berenang untuk Tubuh Sehat dan Bugar

Anda hobi berenang? Siap-siap mendapat 11 manfaat ini untuk kesehatan tubuh. Dari meredakan radang sendi sampai panjang umur

Liputan6.com, Jakarta Manfaat berenang tentu diinginkan banyak orang yang hobi olahraga air tersebut. Selain murah, berenang juga sangat menyenangkan, karena bisa bermain di air sekaligus menikmati manfaatnya dikemudian hari.

Olahraga ini juga bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga di kolam renang. Nah, daripada penasaran apa saja manfaatnya, berikut ulasannya:

1. Melatih Pernafasan
Berenang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot
Dengan rajin berenang, maka Anda bisa mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuh. Perlahan, bentuk tubuh akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

3. Meninggikan Badan
Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuh sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

4. Menyehatkan Jantung
Salah satu manfaat berenang adalah menyehatkan jantung yang nantinya akan meningkatkan sistem pernapasan makin lebih baik.

5. Bentuk Tubuh Ideal
Berenang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika Anda sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuh bergerak.

6. Meredakan Stres
Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa Anda sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

7. Meredakan Radang Sendi
Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

8. Menurunkan Berat Badan
Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika Anda ingin cepat kurus, maka rajinlah berolahraga.

9. Menurunkan Risiko Diabetes
Siapa sangka, manfaat berenang lainnya adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga Anda pun terbebas dari diabetes.

11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

10. Panjang Umur
Manfaat berenang lainnya adalah memanjangkan usia. Dengan renang, maka usia bisa lebih panjang dan tetap bugar di usia senja.

11. Terapi saat Cidera
Jika saat cidera otot maka salah satu alternatif pemulihannya adalah dengan berenang. Maka dari itu, banyak sekali atlet olahraga yang cidera lalu berenang untuk memulihkannya.

Agar berenang lebih menyenangkan, ajak keluarga dan teman-teman berenang ke tempat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini