Sukses

Jangan Cuma Festival Bunga, Ini Wisata Ekstrem Lain di Tomohon

Liputan6.com, Jakarta Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 kembali digelar mulai 7 hingga 12 Agustus 2017. Even yang menjadi agenda tahunan Pemkot Tomohon bersama Kementerian Pariwisata ini digadang-gadang bakal lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dipenuhi beragam hiburan, bunga di Kota Tomohon juga sedang bermekaran dan siap menyegarkan mata para wisatawan.

Tak hanya saksikan festival bunga, Tomohon juga terkenal dengan beragam destinasi wisatanya yang unik, mulai dari vihara, pemandangan danau, hingga bukit-bukit religi dengan pemandangan super indah.

Namun demikian, bagi Anda yang ingin menghabiskan petualangan menjelajahi kota seribu bunga ini, berikut beberapa destinasi wisata ekstrem yang ada di Tomohon dan sekitarnya, seperti yang disusun Liputan6.com, Selasa (8//8/2017).

Pasar Tomohon



Di balik indahnya bunga-bunga yang bermekaran, Kota Tomohon ternyata menyimpan sesuatu yang ekstrem dan mengerikan, yaitu pasar daging Tomohon. Dibilang “mengerikan” mengingat di pasar ini semua jenis daging dijual, mulai dari daging anjing, babi, kalelawar, tikus sawah, hingga biawak dan ular piton. Pasar Tomohon semakin ramai dikunjungi saat akhir pekan dan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Kuliner Ekstrem



Tomohon dan Sulawesi Utara pada umumnya dikenal memiliki beragam menu kuliner yang lezat. Tak hanya Bubur Manado dan Klapertart, Sulawesi Utara juga punya beragam kuliner ekstrem yang perlu Anda cicip, mulai dari sajian Paniki yaitu daging kalelawar yang disajikan pedas, Ragey yaitu sate babi yang hanya dibakar, hingga daging tikus yang dibuat kuah kuning. Beberapa kuliner ekstrem ini mudah ditemukan di beberapa resto pinggir jalan yang ada di Kota Tomohon.

Berkunjung ke Pulau Baling-Baling



Pulau Baling-Baling menjadi destinasi wisata yang kini sedang hits bagi traveler yang gemar berwisata bahari. Selain pemandangan laut yang indah dan masih alami, di tempat ini juga terdapat banyak spot snorkeling yang berada di sekitar Pulau Tumbak, tak jauh dari Pulau Baling-Baling. Mengunjungi pulau ini menjadi sangat ekstrem lantaran Anda perlu menerjang ombak laut pantai selatan Sulawesi Utara, apalagi pulau ini hanya berbentuk bukit kecil di tengah lautan yang maha luas. Pulau Baling-Baling sendiri berjarak sekitar 60 km dari pusat Kota Tomohon atau dapat ditempuh melalui via Jalan Kawangkoan dengan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan darat yang berkelok-kelok. 

Lihat Pembuatan Cap Tikus



Cap Tikus merupakan minuman tradisional yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Minahasa. Pembuatannya yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler saat ini. Hutan-hutan pohon Enau atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Saguer menjadi lokasi pembuatan minuman Cap Tikus. Jika Anda ingin menyaksikan proses pembuatannya, di Tomohon ada di sekitar daerah Kinilow.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kampung Batik Semarang, Wisata Sambil Belanja dengan Nuansa Jadul
Artikel Selanjutnya
Duo Mahadewi Bakal Hebohkan Tidung Festival 2017 Kepulauan Seribu