Sukses

7 Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut kuat dan sehat, tampaknya menjadi keinginan semua orang. Berbagai perawatan rabut dapat dilakukan, dari perawatan salon hingga perawatan alami. Tidak jarang juga, masalah rambut sering melanda kita. Salah satunya rambut rontok, masalah rambut ini memang banyak dikeluhkan. Ternyata ada beberapa kebiasaan, yang dapat menyebabkan rambut Anda semakin rontok, dilansir dari Popxo.com, Rabu (9/8/2017)

1. Menyisir rambut basah
Tanpa kita sadari, kita sering melakukan hal ini. Menyisir rambut sehabis mandi dengan kondisi rambut yang masih basah, dapat merusak rambut. Rambut basah lebih rentan dari pada rambut kering, karena kutikula rambut terangkat sedikit yang berfungsi melindungi rambut. Jangan terburu-buru saat setelah mandi, tunggulah rambut mengering secara alami. Setelah itu baru, menyisir rambut dan menggunakan vitamin rambut

2. Menggunakan pemanas rambut
Menggunakan pemanas rambut berlebihan, seperti catokan, pengeriting rambut, dapat mempercepat merusak rambut. Suhu panas yang tinggi pada pemanas rambut, dapat merusak protein rambut dan kutikula yang mengakibatkan rambut lebih tipis. Bila Anda tidak dapat jauh dari pemanas rambut, cobalah rutin menggunakan produk perawatan rambut. Anda dapat mengaplikasikan, vitamin atau serum rambut sebelum rambut dicatok.

3. Stress yang berlebihan
Jangan biarkan pikiran yang tidak terlalu penting, bersarang dibenak Anda. Orang yang terlalu memikirkan sesuatu atau stress, terbukti mudah mengalami rambut rontok. Bukan hanya rambut rontok saja, stress yang berlebihan juga berdampak pada penyakit lain pada tubuh. Cobalah mencari solusi pada masalah yang membuat Anda, tidak bisa tidur pada malam hari. Anda dapat mengalihkan stress Anda, pada aktivitas lain seperti olahraga atau melakukan aksi sosial.

4. Jarang potong rambut
Rambut juga perlu mendapatkan perawatan yang cukup, sama halnya seperti kulit. Membiarkan rambut terlalu panjang juga tidak terlalu bagus, cobalah ke salon disaat waktu senggang anda untuk merapihkan rambut. Potong sedikit ujung rambut Anda juga salah satu solusi, untuk mencegah rambut gampang rontok. Minimal guntinglah rambut Anda, 3 atau 4 bulan sekali.

5. Pola makan yang berantakan
Kerap kali seseorang yang sedang diet, sering melupakan mengkonsumsi makan makanan sehat. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, bukan berarti merusak pola makan Anda. Lakukanlah diet yang sehat dan seimbang, jangan sampai kekurangan kandungan protein dan besi. Kurangnya kandungan ini dapat menyebabkan, rambut semakin tipis dan mudah rusak. Bukan hanya itu saja, mulailah hindari mengkonsumsi makanan cepat saji.

6. Mengikat rambut
Rambut rusak dan rontok juga dapat disebabkan, oleh kebiasaan mengikat rambut terlalu tinggi atau erat. Rambut yang diikat membuat tekanan yang berlebihan pada folikel rambut, dan merusaknya. Hindari mengikat rambut menggunakan karet gelang, terbukti karet gelang membuat rambut semakin rontok.

7. Mandi dengan air panas
Mandi menggunakan air panas, rasanya memang sangat menyegarkan. Namun, keseringan mandi dengan air panas dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit dan kulit kepala. Uap panas dapat menyebabkan rambut kering, bercabang, dan mudah rusak.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Fellisia

 

Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Dapatkan Rambut Keriting Tanpa Perlu Pemanas
Artikel Selanjutnya
Kecil, Putih, Bikin Gatal, Ngeselin, Apa Itu?