Sukses

Ternyata 5 Mitos Tentang Uban Ini Tidak Benar

Berikut lima mitos yang dipercayai selama ini ternyata tidak benar.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar bahwa mencabut sehelai uban akan membuatnya tumbuh lebih banyak. Ini merupakan salah satu mitos tentang uban yang selama ini dipercayai masyarakat. Namun ternyata, mitos-mitos ini tidak selamanya benar.

Banyak orang yang mengungkapkan bahwa uban merupakan tanda penuaan yang hanya dialami oleh orang lanjut usia saja, namun faktanya uban bisa muncul pada orang dengan usial yang terbilang muda.

Untuk itu Clairol Consulting Colourist, Luis Pacheco melakukan riset dan membenarkan ada beberapa mitos tentang uban yang salah dipahami oleh masyarakat selama ini. Seperti dilansir dari situs TheLoop, Rabu (9/8/2017), berikut lima mitos tentang uban yang ternyata tidak benar dan dipercayai banyak orang.

1. Jika mencabut satu helai, uban akan tumbuh tujuh lebih banyak

Mencabut atau menarik uban berarti dapat membuat dua, tiga, hingga tujuh uban lebih banyak akan tumbuh. Hal ini tentu tidak benar. Kegiatan mencabut uban ini jika dilakukan terlalu sering malah akan merusak folikel rambut dan akhirnya rambut tidak bisa tumbuh lagi. Jika Anda terus melakukannya, bukan uban semakin banyak, namun bisa saja Anda berakhir botak pada bagian tersebut. Jadi berhentilah untuk mencabut uban.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uban lebih mudah diwarnai

2. Uban lebih mudah diwarnai dari pada rambut normal

Meski uban berwarna terang dan seakan lebih mudah diwarnai, mitos ini ternyata salah. Uban merupakan rambut yang sehingga tidak mampu lagi merepat pewarna rambut lebih baik. Uban merupakan rambut yang kehilangan protein yang menyebabkannya melemah.

Agar folikel rambut dapat melindungi diri, ia menciptakan kutikula atau lapisan luar rambut yang membuatnya menjadi kasar dan sulit diwarna. Anda dapat menggunakan produk khusus pewarna uban, jika tetap ingin mewarnainya.

3. Hanya orang tua yang memiliki uban

Uban muncul tidak berdasarkan umur seseorang. Uban bisa muncul pasa orang dengan usia berapapun itu. Bisa saja Anda yang berusia 20 tahun memiliki lebih banyak uban daripada orang lainnya yang berusia 40 tahun. Karena tumbuhnya uban tidak hanya dipengaruhi faktor penuaan namun juga gaya hidup Anda.

3 dari 3 halaman

Pewarna rambut permanen dapat menutupi uban

4. Hanya pewarna rambut permanen yang dapat menutupi uban

Anda tidak perlu menggunakan warna permanen untuk menutupo uban di rambut. Karena uban akan kembali terlihat setelah 24 kali cuci. Lebih baik lakukan pewarnaan yang berkala sehingga Anda bisa merawat rambut lebih baik.

5. Jika uban sudah muncul, warnai rambut Anda segera

Pemikiran seperti ini adalah mitos yang sangat dipercayai masyarakat. Sehingga Anda terburu-buru untuk mewarnai rambut karena uban semakin banyak. Namun ternyata mewarnai rambut tidak mempengaruhi tumbuhnya uban di rambut. Anda biasanya akan memilih warna-warna kontras seperti biru atau merah. Padahal warna-warna membuat rambut seolah-olah tampak beruban lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.